Home / Berita / Stabilisasi Harga Bahan Pangan / HARGA DAGING DIPERKIRAKAN MEROKET JELANG LEBARAN

Berita

Harga Daging Diperkirakan Meroket Jelang Lebaran

Batang - Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas), khususnya daging sapi dan ayam potong hingga kini masih dikategorikan stabil. Namun diperkirakan harga akan meroket sepekan menjelang lebaran.

Batang - Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas), khususnya daging sapi dan ayam potong hingga kini masih dikategorikan stabil. Namun diperkirakan harga akan meroket sepekan menjelang lebaran.

Pedagang daging sapi, Lilis mengaku harga daging sapi sampai saat ini masih stabil di angka Rp120 ribu, namun bukan tidak mungkin 10 hari jelang lebaran, akan terjadi kenaikan antara Rp10 ribu hingga Rp15 ribu per kilogramnya.

“Bisa jadi minggu depan naik menjadi Rp130 ribu untuk kualitas biasa. Untuk jenis khas dalam yang semula Rp130 ribu bisa naik jadi Rp145 ribu sampai Rp150 ribu per kilogramnya,” terangnya, saat ditemui di kios Pasar Batang, Kabupaten Batang, Rabu (27/3/2024).

Untuk stok sedikit terjadi pengurangan dari distributor, dibandingkan lebaran tahun lalu.  Lebaran tahun 2023, pedagang mendapat pasokan hingga satu kuintal, namun tahun ini hanya 80 kilogram.

Hal senada juga terjadi pada ayam potong, yang hingga kini harganya masih cukup stabil, yakni Rp42 ribu per kilogramnya sejak pekan lalu.

Pedagang ayam potong, Sri Ernawati mengutarakan, meski saat ini belum terjadi kenaikan, namun diperkirakan sepekan menjelang lebaran, harga mulai meroket.

“Yang sekarang Rp42 ribu, nanti pas mau lebaran bisa naik jadi Rp45 ribu per kilogram,” jelasnya.

Kepokmas lain yang tidak kalah pentingnya untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, yakni telur yang harganya masih stabil dan pasokannya masih tercukupi.

Pedagang telur ayam negeri, Iin mengaku saat ini harga kembali stabil setelah pasokan kembali normal.

“Kemarin harganya Rp32 ribu, sekarang turun jadi Rp27 ribu per kilogram dengan stok lama. Besok baru dikirim yang baru harganya tetap sama,” ujar dia.

Para pedagang memperkirakan jika melihat kondisi tiap menjelang lebaran, harga telur ayam negeri akan kembali naik.

“Bisa naik lagi jadi Rp32 ribu dan normal lagi sepekan usai lebaran,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Sri Rahayu)