Home / Berita / Kesehatan / CALON KPPS JALANI TES KESEHATAN

Berita

Calon KPPS Jalani Tes Kesehatan

Batang - Sesuai arahan dari KPU Batang, seluruh calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) diwajibkan mengikuti pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kondisi tubuhnya prima dan siap bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ditentukan.

Batang - Sesuai arahan dari KPU Batang, seluruh calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) diwajibkan mengikuti pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kondisi tubuhnya prima dan siap bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ditentukan.

Setiap hari sebanyak 100 warga memeriksakan kondisi tubuhnya dengan menjalani sejumlah rangkaian tes kesehatan seperti tekanan darah, denyut nadi, nafas, hingga pemeriksaan laboratorium yakni gula darah dan kolesterol.

Kepala Puskesmas Batang 3, Desa Cepokokuning Wiwit Widayati menyampaikan, sejak 13 Desember lalu telah ada 433 permohonan surat keterangan sehat yang akan digunakan sebagai salah satu syarat dalam perekrutan anggota KPPS.

“Tiga di antaranya ada yang tidak lolos cek kesehatan, karena alasan kadar gula darah dan tekanan darah yang terlalu tinggi. Jika dalam kondisi normal tekanan darah 120/80, tapi ketika capek dengan tekanan darah di atas 140 harus diedukasi, karena bisa membahayakan kesehatan,” katanya, saat ditemui di Puskesmas Batang 3, Desa Cepokokuning, Kabupaten Batang, Senin (18/12/2023).

Demikian pula apabila ditemukan calon KPPS memiliki kadar gula darah hingga di atas 400, tentu pihak Puskesmas tidak dapat memberikan surat keterangan sehat. Beberapa jenis penyakit yang rawan muncul juga patut diwaspadai calon KPPS.

“Kalau kadar kolesterol tinggi dikhawatirkan menyebabkan terjadinya serangan jantung dan risiko stroke. Itu semua bisa terjadi jika kondisi tubuh terlalu capek, kurang tidur yang bisa memunculkan penyakit tidak menular bahkan menimbulkan kematian,” jelasnya.

Para calon KPPS disarankan lebih menjaga stamina dengan rutin melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dan cukup istirahat. Apabila perlu, masih diperbolehkan mengonsumsi minuman herbal seperti madu dan temulawak untuk menjaga stamina tetap prima dengan mengurangi konsumsi kopi.

Salah satu calon KPPS, Kuwat Yuliawan bersama sejumlah rekannya mengikuti rangkaian pemeriksaan demi mendapatkan kepastian kondisi tubuhnya sehat, sehingga lolos dan dapat bertugas sebagai KPPS 14 Februari 2024 mendatang.

“Tadi yang diperiksa tekanan darah dan kadar kolesterol. Hasilnya, semua dalam kondisi baik, yang penting jaga pola makan supaya siap menjalankan tugas sebagai KPPS,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)