Home / Berita / Seni dan Budaya / PEKAN KEBUDAYAAN DAERAH BATANG, KENALKAN CAGAR BUDAYA KE GENERASI MUDA

Berita

Pekan Kebudayaan Daerah Batang, Kenalkan Cagar Budaya Ke Generasi Muda

Batang - Upaya menggali, mengenali, dan mencintai budaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Batang menggelar pekan Kebudayaan Daerah di Kantor Disdikbud Batang, Kabupaten Batang, Senin (30/10/2023).

Batang - Upaya menggali, mengenali, dan mencintai budaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Batang menggelar pekan Kebudayaan Daerah di Kantor Disdikbud Batang, Kabupaten Batang, Senin (30/10/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan mulai tanggal 30 hingga 31 Oktober 2023 yang diramaikan dengan pementasan seni tari, seni teater, seni musik, bazar kuliner, dan pameran benda cagar budaya.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Batang Willopo mengatakan, adanya pekan kebudayaan daerah Kabupaten Batang terutama bagi generasi muda yakni pelajar bisa mengenal budaya jaman yang sudah tua seperti arca.

“Situs-situs arca ini ternyata banyak ditemukan di Kabupaten Batang yang menggambarkan bahwa ada peradaban tua. Kemudian, dengan menggali, mengenali, dan mencintai budaya daerah menjadikan generasi muda terutama yang masih sekolah mempunyai jiwa berbudaya,” jelasnya.

Pada pekan kebudayaan daerah pengunjung bisa melihat cagar budaya Kabupaten Batang yang dipamerkan secara langsung.

Hal ini, generasi muda bisa melakukan kegiatan positif dan melupakan kegiatan negatif yang sekarang banyak terjadi di luar Kabupaten Batang contohnya perkelahian antar pelajar dan perundungan.

“Kegiatan positifnya bisa melakukan beberapa tarian asli Kabupaten Batang diantaranya tari babalu, tari simo gringsing, dan tari serabi kalibeluk,” tegasnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdikbud Kabupaten Batang Bambang Suryantoro menambahkan, peserta pekan kebudayaan daerah Kabupaten Batang dari SD, SMP, dan SMA seluruh Kabupaten Batang tapi memang tidak semuanya yang sudah siap saja.

“Pekan Kebudayaan daerah menjadi embrio pertama yang kedepannya mudah-mudahan bisa didukung supaya lebih maksimal lagi acaranya,” terangnya.

Untuk kondisi cagar budaya Kabupaten Batang sendiri banyak yang bisa diselamatkan tapi tentunya masih ada yang ada di lokasi juga. Cagar budaya di Kabupaten Batang yang ada disini ada 80 situs, belum yang ada di luar serta di museum ronggo warsito semarang.

Ia berharap, pekan kebudayaan daerah Kabupaten Batang 2023 bisa memberikan pengetahuan budaya bagi pelajar dan mempelajari cagar budayanya. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)