Home / Berita / Pembangunan / KEMARAU, RATUSAN KK MARGOSONO TAK BAKAL KEKERINGAN

Berita

Kemarau, Ratusan KK Margosono Tak Bakal Kekeringan

Batang - Dandim 0736/Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman bersama unsur Forkopimda meresmikan penggunaan fasilitas air bersih melalui program TNI AD Manunggal Air, di Desa Margosono Kecamatan Tersono, yang diinisiasi oleh Kasad Dudung Abdurachman, untuk kemakmuran masyarakat.

Batang - Dandim 0736/Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman bersama unsur Forkopimda meresmikan penggunaan fasilitas air bersih melalui program TNI AD Manunggal Air, di Desa Margosono Kecamatan Tersono, yang diinisiasi oleh Kasad  Dudung Abdurachman, untuk kemakmuran masyarakat.

Letkol Inf Ahmad Alam Budiman menyampaikan, program ini serentak digelar di seluruh nusanta, yang menyasar wilayah yang mengalami kesulitan pemenuhan kebutuhan air dan belum tersentuh pelayanan PDAM.

“Khusus di Batang sumur dengan kedalaman 150 meter di Desa Margosono, sudah diresmikan untuk memenuhi kebutuhan air bersih 100 Kepala Keluarga (KK) atau 350 warga. Sebelumnya telah dibangun pula di Kecamatan Gringsing, Subah dan Banyuputih,” katanya, usai meresmikan penggunaan air bersih, di Desa Margosono, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, Selasa (25/7/2023).

Beberapa waktu lalu, Kodim Batang juga telah melakukan pengecekan ke sejumlah wilayah di tiap Koramil, untuk menentukan desa selanjutnya  yang sangat membutuhkan bantuan pemenuhan air bersih.

“Tidak semua wilayah biasa dibantu, karena hanya wilayah yang rawan kekeringan dan belum mendapatkan pelayanan dari PDAM,” jelasnya.

Ia mengimbau, warga lebih menghemat penggunaan air terutama memasuki musim kemarau.

“Bagi warga di daerah lain, gunakan air seperlunya meski dengan kapasitas yang terbatas, agar kebutuhan air warga tercukupi,” ungkapnya.

Salah satu warga, Sunaryah mengungkapkan, dibangunnya penampungan air bersih sangat membantu memudahkan warga dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

“Biasanya buat minum sama mandi, dulu ambilnya jauh dari rumah, harus menempuh jarak 500 meter, tapi sekarang cukup 5 menit karena sudah ada bantuan,” tuturnya.

Ia mewakili warga mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut, sehingga kebutuhan air bersih sehari-hari terpenuhi dengan mudah.

Sementara itu, Operator air Munawar menyampaikan, sebelumnya sudah dipantau, kualitas airnya bersih dan jernih.

“Yang pasti kapasitas tidak terpengaruh cuaca. Meskipun kemarau sumber air yang jaraknya 2 kilometer dari rumah warga, pasokannya tidak akan habis,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)