Home / Berita / Pembangunan / TMMD SENGKUYUNG TINGKATKAN PEREKONOMIAN DI DESA KEBUMEN BATANG

Berita

TMMD Sengkuyung Tingkatkan Perekonomian di Desa Kebumen Batang

Batang - Pembangunan infrastruktur desa menjadi target utama Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2023.

Batang - Pembangunan infrastruktur desa menjadi target utama Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2023.

Program TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023 resmi dimulai hari ini di Desa Kebumen, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Rabu (12/7/2023).

Dandim 0736 Batang Letkol Inf. Ahmad Alam Budiman mengatakan, hadirnya program TMMD Sengkuyung ini merupakan pembangunan infrastruktur desa yang target utamanya pada pembangunan fisik dan disusul non fisik.

“Sasaran fisik yang akan dikerjakan, rincinya adalah rabat beton sepanjang 1.200 meter dengan lebar 3 meter dan tinggi 0,12 meter, makadam jalan pertama sepanjang 400 meter dengan lebar 2 meter, serta makadam jalan dua sepanjang 150 meter dengan lebar 3 meter,” jelasnya.

Ia juga menjelskan, untuk sasaran nonfisik diantaranya, penyuluhan wawasan kebangsaan bela negara, penyuluhan UU perkawinan, penyuluhan peternakan, penyuluhan pertanian, penyuluhan KB, penyuluhan narkoba, penyuluhan sanitasi, penyuluhan penanggulangan bencana, penyuluhan stunting dan pengolahan sampah.

TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023 melibatkan 170 orang dari berbagai unsur mulai komando, pasukan Kodim 0736 Batang, anggota Polres Batang, tim teknis Pemda, masyarakat dan penyuluh.

“Dana yang dikucurkan untuk pembangunan infrastruktur Desa Kebumen sebesar Rp741.500.000,00 dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah, APBD Kabupaten Batang, dan swadaya masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, bahwa program TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023 adalah suatu program terpadu antara TNI dengan Pemerintah Daerah.

“TMMD bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah dengan sasaran pokok peningkatan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Untuk itu, lanjut dia, diperlukan sinergitas kuat dari semua pihak yang terlibat terutama masyarakat Desa Kebumen, karena ini melanggengkan budaya gotong royong dan guyub rukun melakui kegiatan ini.

Ia berharap, semua pelaksanaan TMMD Sengkuyung dapat berjalan lancar dengan target optimal supaya mendorong adanya peningkatan ekonomi masyarakat di Desa Kebumen. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)