Home / Berita / Pembangunan / KADES SEMBUNG BATANG GELONTORKAN DANA RP1,5 MILIAR UNTUK BANGUN GEDUNG 8 LANTAI

Berita

Kades Sembung Batang Gelontorkan Dana Rp1,5 Miliar Untuk Bangun Gedung 8 Lantai

Batang - Belum genap empat tahun menjabat sebagai Kepala Desa Sambung Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang, Untung (63) seorang pensiunan Kepala Sekolah SD sudah bikin heboh masyarakat dan rekan kepala desa.

Batang - Belum genap empat tahun menjabat sebagai Kepala Desa Sambung Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang, Untung (63) seorang pensiunan Kepala Sekolah SD sudah bikin heboh masyarakat dan rekan kepala desa.

Pasalnya, Pria kelahiran Desa Sembung itu bertekad mewujudkan cita - citanya membangun kantor desanya delapan lantai lengkap dengan pendingin udara dan wifi.

Gedung baru itu, untuk memudahkan pelayanan masyarakat yang berukuran 6 meter kali 6 meter dan memiliki tinggi 35 meter dan akan dilengkapi dengan lift layaknya gedung tinggi pada umumnya.

Pembangunan Kantor Desa Sembung yang sudah mencapai 40 persen dalam kurun waktu setahun itu, kebutuhan anggaran hingga selesai ditaksir mencapai Rp1,5 miliar. Maka wajar ada beberapa rekan kepala desa yang mencibir kamampuan financial pemerintah Desa Sembung.

Namun, cibiran itu malah menjadi motivasi untuk terus menyelesaikan proyek yang bakal menjadi ikon desa. Dan bahkan akan menjadi yang pertama di Indonesia kantor desa dengan delapan lantai.

Kepala Desa Sambung Untung mengatakan, pembangunan gedung setinggi 35 meter yang akan menelan dana miliaran rupiah itu, tidak menggunakan uang negara alias swadaya masyarakat dan uang pribadinya.

“Selain memakai uang pribadi saya, pembangunan gedung baru kantor desa berasal dari swadaya masyarakat dan pengelolaan Corporate Social Responbility (CSR) sejumlah industri yang berada di desa kami,” katanya saat ditemui di Kantor Desa Sembung, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Kamis (22/6/2023).

Ia menyatakan, desain gedung kantor desanya terinspirasi dari bangunan tower zam-zam yang ada di Kota Makkah saat menjalankan ibadah Haji.

“Nantinya, tiap lantai akan difungsikan sebagai kantor Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), Bumdes, Karang Taruna, Museum Desa dan Perpustakaan,” jelasnya.

Sementara lantai delapan atau puncak gedung akan dimanfaatkan sebagai wisata gardu pandang yang akan dilengkapi teropong. Pemerintah Desa Sembung juga sudah membangun beberapa tempat wisata untuk mendukung rintisan desa wisata.

“Insyaallah gedung ini juga bisa untuk wisata bagi masyarakat luas, karena lantai atas kita lengkapi dengan teropong untuk melihat keindahan alam Batang, seperti Obyek Wisata Pagilaran maupun pantai di wilayah Batang,” terangnya.

Untuk menargetkan pembangunan gedung baru itu, Untung menegaskan akan menyelesaikan pada akhir tahun ini. Dan untuk melengkapi sebagai rintisan Desa wisata, ia juga lagi membangun miniatur Kabah, wisata kuliner khas desa, Alun - Alun desa yang berada di depan kantor desa, serta obyek wisata air lengkap dengan wahana permainannya.

“Oh ya kalau anggaran gedung kantor desa kita tidak menggunakan dana dari pemerintah, ini dari swadaya masyarakat dan menggunakan dari dana talangan saya sendiri. Ya kalau sampai saat ini sudah habiskan uang sekitar Rp500 juta sampai Rp600 juta,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)