Home / Berita / Pemuda dan Olahraga / JELANG PORPROV JATENG, KONI BATANG GELAR TES KESEHATAN BAGI 143 ATLET

Berita

Jelang Porprov Jateng, KONI Batang Gelar Tes Kesehatan Bagi 143 Atlet

Batang - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Batang menyelenggarakan tes kesehatan bagi atlet Kabupaten Batang yang akan berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI Jateng yang berlangsung pada Agustus 2023 mendatang.

Batang - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Batang menyelenggarakan tes kesehatan bagi atlet Kabupaten Batang yang akan berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI Jateng yang berlangsung pada Agustus 2023 mendatang.

Tes kesehatan berlangsung di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Batang yang bekerjasama dengan Rumah Sakit QIM.

“Tes kesehatan ini meliputi tensi darah dan kadar hemoglobin serta kadar gula darah. Kami mematok Hb itu diatas 12 tapi kalau 12 sampai dengan 10 akan kita evaluasi,” kata dr Bekti Mastiadji saat ditemui di Markas PMI Batang, Kabupaten Batang, Senin (12/6/2023).

Sekretaris KONI Batang Karyono mengatakan, digelarnya tes kesehatan ini diharapkan rekam medis semua atlet peserta bisa didapat. Pasalnya, data kesehatan atlet sangat penting untuk upaya memaksimalkan prestasi sang atlet ke depannya.

“Tes kesehatan bagi atlet Porprov 2023 ini kita gelar selama tiga hari di mulai 12 hingga 14 Juni 2023. Tes ini untuk mengetahui sejauh mana kesehatan para atlet, agar pas pertandingan bisa maksimal,” jelasnya.

Adapun atlet yang mengikuti tes kesehatan totalnya ada 143 Atlet dari 28 Cabang olahraga (Cabor) yang diikuti kontingen Kabupaten Batang.

Pelaksanaan tes kesehatan dilakukan secara bertahap mengacu pada daftar. Beberapa Cabor yang menjalani tes diantaranya, panjat tebing, atletik, bridge, sepak takraw, renang, binaraga, catur, taekwondo, dayung, anggar, tinju, balap sepeda.

Lalu, panahan, muaythai, biliard, triathlon, kempo, karate, pentaque, tenis lapangan, bulutangkis, arum jeram, skateboard, senam, golf, sof tenis dan paralayang.

“Harapannya dengan tes kesehatan ini kita bisa benar-benar menjaga dan mengetahui kondisi kesehatan atlet. Termasuk riwayat medis dan riwayat lainnya, seperti cedera dan penyakit yang pernah dideritanya. Dan akan ditindaklanjuti oleh tenaga medisnya,” harapnya 

Karyono menyebutkan bahwa tes kesehatan akan dilakukan dua kali, ini yang pertama sedangkan tes yang keduanya pada bulan Juli mendatang.

“Resep kesehatan atlet kita akan gelar dilakukan kali, yang pertama untuk melihat kesehatan atlet, jika diketahui ada cedera maupun sakit kita lakukan pengobatan. Setelah itu kita cek kesehatan lagi di bulan Juli mendatang untuk mengetahui kondisi fisiknya,” tandasnya. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)