Home / Berita / Seni dan Budaya / EKSPRESIKAN JIWA SENI, SPENDU TERAPKAN POLA KALABORATIF

Berita

Ekspresikan Jiwa Seni, Spendu Terapkan Pola Kalaboratif

Batang - Membentuk Karakter anak yang santun dan beradab membutuhkan dukungan banyak pihak. SMPN 2 (Spendu) Bandar yang memiliki potensi anak didik yang condong di bidang seni, berupaya mengarah pada sekolah berbasis budaya.

Batang - Membentuk Karakter anak yang santun dan beradab membutuhkan dukungan banyak pihak. SMPN 2 (Spendu) Bandar yang memiliki potensi anak didik yang condong di bidang seni, berupaya mengarah pada sekolah berbasis budaya.

Mayoritas anak lebih memiliki aspek psikomotorik atau cenderung pada keterampilan gerak tubuh dengan menunjukkan kompetensi seni dan budaya.

Kepala SMPN 2 Bandar Dinok Sudiami mengakui, kepandaian anak tidak hanya diukur dari materi atau teori saja, melainkan juga diimbangi dengan kemampuan psikomotorik yang diwujudkan dengan kemampuan berkesenian.

“Anak-anak kami sangat bersemangat dalam seni tari dan tarik suara, maka untuk mendukung, diterapkanlah pola kolaborasi dengan sekolah lain untuk mengasah kompetensi anak berkesenian,” terangnya, saat menggelar Dies Natalies Spendu Bandar, Kabupaten Batang, Rabu (17/5/2023).

Semangat berkesenian anak secara bertahap diasah oleh praktisi seni yang berkompeten, salah satunya Muhammad Isono yang juga menjabat sebagai Kepala SMPN 4 Blado.

Muhammad Isono mengatakan, potensi anak yang sedang digembleng adalah seni karawitan. Peralatan gamelan lengkap yang disiapkan justru jadi peluang untuk melatih jiwa seni anak.

“Saya merasa terpanggil untuk melatih anak-anak supaya punya kemampuan lebih dalam memainkan gamelan. Latihannya di luar jam sekolah, jadi tidak menggangu kegiatan belajar mengajar,” tegasnya.

Pengawas SMP Disdikbud Batang Sri Mulyono menambahkan, dengan melihat potensi anak, sarana prasarana dan semangat warga sekolah yang tinggi, rencana merealisasikan Spendu jadi sekolah berbasis budaya sangat mungkin terlaksana.

Sebagai persembahan dalam Dies Natalies Spendu Bandar, tiga tembang Jawa ditampilkan, yakni Gugur Gunung, Suwe Ora Jamu dan Serayu. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)