Home / Berita / Pariwisata / DAWIS PKK KELURAHAN KAUMAN PIKNIK GRATIS DI DESWITA PANDANSARI

Berita

Dawis PKK Kelurahan Kauman Piknik Gratis di Deswita Pandansari

Batang - Suasana ceria tampak tersirat di wajah puluhan ibu - ibu kelompok Dasa Wisma (Dawis) PKK Perum Pesona Griya RT 04 RW 10 Kelurahan Kauman, saat akan mengikuti river tubing secara gratis di Desa Wisata (Deswita) Pandansari Kecamatan Warungasem.

Batang - Suasana ceria tampak tersirat di wajah puluhan ibu - ibu kelompok Dasa Wisma (Dawis) PKK Perum Pesona Griya RT 04 RW 10 Kelurahan Kauman, saat akan mengikuti river tubing secara gratis di Desa Wisata (Deswita) Pandansari Kecamatan Warungasem.

Tampak pula bapak - bapak yang ikut repot menggandeng sang buah hati mengikuti kegiatan yang di balut family gathering, sekaligus Halal Bi Halal (HBH) hari raya Idulfitri 1444 Hijriah.

Kegiatan kelompok keluarga yang mengatas namakan Dawis Ilmo atau Dawis Blok I, L, M dan O itu, untuk menjalin silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan antar tetangga.

Mereka, terlihat sangat menikmati indahnya sawah yang masih hijau dan bermain air menyusuri sungai yang jernih. Deswita juga aman bagi anak - anak, karena dilengkapi dengan peralatan keselamatan seperti pelampung, tutup kepala dan sepatu.

“Alhamdulillah tahun ini Dawis kita bisa piknik sambil HBH secara gratis, meskipun pikniknya deket tapi rahat (nyaman). Mereka juga terlihat bahagia,” kata Ketua Dawis Ilmo, Nita Kristina saat ditemui di Deswita Pandansari, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Minggu (7/5/2023).

Piknik yang menyertakan semua anggota keluraga, tidak memungut biaya sepeser pun. Pasalnya, biaya yang dikeluarkan menggunakan Siswa Hasil Usaha (SHU) Koperasi Dawis Ilmo.

“Ya kita ibu - ibukan punya SHU Koperasi simpan pinjam sekitar Rp1,6 juta dan uang kas Rp1,6 juta. Lalu, kurangannya kita mintakan uang kas bapak - bapak. Total semua biaya menghabiskan sekitar Rp6 juta, Alhamdullilah semua senang dan menikmati,” terangnya.

Sementara itu, Ketua RT 04 RW 10 Perum Pesona Griya Batang Kelurahan Kauman, Slamet Priyadi, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Dawis Ilmo.

“Saya apresiasi dan semoga ini bisa menjadi contoh Dawis lainnya, untuk menjaga kekompakan dan guyub rukun,” tuturnya.

Di perumahan, tidak semua tetangga sebelah rumah itu tahu. Karena hidup di sebuah perumahan dikesankan individualis atau mementingkan diri sendiri.

“Oleh karena itu, melalui kegiatan ini semoga tambah lagi peduli dengan lingkungan rumah. Dan jangan sampai tetangga sebelah rumah sakit, kita tidak tahu. Bahkan tidak saling kenal dan bertegur sapa,” ujar dia.

Ia pun berharap, akan ada kegiatan yang sama bisa dilaksanakan di tingkat RT, karena selama ini terkesan ada pengelompokan yakni di masing - masing Dawis.

“Saya selaku RT baru yang dipilih tadi malam mengapresasi kegiatan ini. Tapi ke depan HBH dan family gathering bisa di laksanakan tingkat RT, setelah itu baru masing - masing Dawis menggelar sendiri - sendiri,” ungkapnya.

Sementara itu, Salah satu warga Dawis Ilmo, Hary  mengaku bahagia bisa kumpul dengan warga sekampung di obyek wisata Deswita Pandansari. Meskipun dekat tapi sangat menyenangkan karena semua keluarga ikut.

“Kita bisa main air bersama dan bercanda. Semoga bisa menambah keakraban dan saling kenal sesama tetangga. Karena dengan kesibukan kita, bisa saja tidak kenal dengan tetangganya sendiri,” tandasnya. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)