Home / Berita / Seni dan Budaya / JUARAI FESTIVAL AKUSTIK, LAPANGKUSTIK BAKAL BIKIN ALBUM

Berita

Juarai Festival Akustik, Lapangkustik Bakal Bikin Album

Batang Baru dua bulan dibentuk, grup band Lapas Batang Akustik (Lapangkustik), yang beranggotakan empat Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Batang, yakni Danang vokalis dan gitaris, Wiji gitaris, Imba bass dan Umam kajon, ternyata sudah mampu mengukir prestasi.

Batang Baru dua bulan dibentuk, grup band Lapas Batang Akustik (Lapangkustik), yang beranggotakan empat Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Batang, yakni Danang vokalis dan gitaris, Wiji gitaris, Imba bass dan Umam kajon, ternyata sudah mampu mengukir prestasi.

Mereka berhasil menjadi juara pertama dalam even Festival Akustik, yang digelar oleh Disparpora Batang di Djimbaran Coffee & Resto, bertepatan saat malam pergantian tahun 2023.

Kepala Lapas Kelas IIB Batang Rindra Wardhana mengaku prestasi yang diraih oleh warga binaannya, sungguh mengejutkan. Pasalnya, proses persiapan mulai dari pengambilan gambar hingga pengiriman vidio cukup singkat.

“Kami dapat info itu sehari sebelum penutupan. Langsung teman-teman petugas bersama personel Lapangkustik melakukan pengambilan gambar. Sempat kurang percaya diri, karena pasti peserta lain tentu persiapan dan peralatannya sangat lengkap,” katanya, saat ditemui di Lapas Kelas IIB Kabupaten Batang, Senin (2/1/2023).

Namun nyatanya, penilaian dewan juri tidak hanya fokus pada penampilan langsung, tetapi juga berdasarkan hasil vidio yang dikirim. Melihat potensi terpendam WBP, pihak dewan juri tertarik untuk menjalin kerja sama.

“Ada dari tim juri untuk membuatkan dua atau tiga lagu khusus buat mereka. Salah satunya pencipta lagu siap membuatkan lagu yang prosesnya bisa jadi di sini,” tuturnya.

Ia mengharapkan, seluruh personel Lapangkustik saat ini, nantinya tetap menjalin komunikasi yang intensif bersama Lapas. Sehingga eksistensi mereka tetap bisa dinikmati penonton.

Rindra menambahkan, dalam waktu dekat kelompok kedua Lapangkustik segera dibentuk.

“Kami akan segera melakukan casting atau pencarian WBP berbakat di dunia tarik suara dan musik dengan persyaratan tertentu,” jelasnya.

Salah satu personel Lapangkustik, Danang menyampaikan, seluruh personel tidak menyangka menjuarai festival tersebut.

“Alhamdulillah senang dan bangga karena lewat lagu “Aku Tenang dan Zona Nyaman”, mengantarkannya menjadi juara Festival Akustik,” terangnya.

Dewan juri juga mendukung agar Lapangkustik membuat satu lagu bahkan album sendiri.

“Rencana buat bikin single sih ada. Tapi itu belum tahu kapan bisa dilakukan, karena butuh persiapan juga,” ungkapnya.

Prestasi ini membuktikan bahwa tidak selamanya , mereka yang berada di dalam itu dipandang negatif.

“Kami juga bisa berkarya dan berprestasi. Andai kata sudah bebas tapi masih dibutuhkan, demi mendukung kemajuan Lapas lewat Lapangkustik, kami berempat siap tampil total,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)