Home / Berita / IKM UKM UMKM / PESERTA PROGRAM TATA BOGA DI BATANG DAPAT 400 PESANAN

Berita

Peserta Program Tata Boga di Batang Dapat 400 Pesanan

Batang - Peserta pelatihan program Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) belum menerima sertifikasi kompeten dari Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Batang sudah menerima 400 pesanan.

Batang - Peserta pelatihan program Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT)  belum menerima sertifikasi kompeten dari Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Batang sudah menerima 400 pesanan.

Pesanan itu datang dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kabupaten Batang, karena ada acara rekor muri cabai.

“Iya, kami telah mendapatkan pesanan sebanyak 400 yakni 200 Box Berisi Makanan Berat dan 200 snack yang kebetulan Ketua BPP Kecamatan Bawang telah percaya dengan buatan peserta pelatihan,” kata Peserta Pelatihan Cintya Putri Prasasti saat ditemui usai acara penutupan pelatihan program tata boga di Aula BPP Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Senin (5/12/2022).

Mudah-mudahan ke depannya terus ada pesanan yang dipercayakan kepada kami. Alhamdulillah kami sudah mempunyai nama rumah produksi yakni Fresh Garlik secara kesepakatan bersama.

“Kalau saya pribadi mempunyai rencana membuat toko kue di rumah yang dipasarkan melalui online, karena sekarang peluangnya sangat besar dengan era digitalisasi saat ini,” katanya.

Harapan kami, Disnaker Batang akan tetap memantau perkembangan kami semua dalam memanfaatkan kemampuan pelatihan program tata boga.

Sementara itu, Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Batang Elisiyatun Muslimah mengatakan, memang peserta ini kemarin sudah mendapatkan pesanan sebanyak 400 box dan snack.

“Hal ini sangat luar biasa sebelumnya tidak ada yang seperti ini, padahal hari ini baru ditutup pelatihannya dan dinyatakan mereka semua lulus uji kompetensi kemarin,” jelasnya.

Semoga semangat ini jangan di awal saja tetapi terus dijaga, perlunya optimis dalam wirausaha aneka makanan itu penting.

Ia hanya menyarankan para peserta membuat rumah produksi setelah itu didaftarkan platform e-marketplace Blangkon Jateng, yang dimana Instasi di Pemkab Batang biasa pesanan catering disana.

“Meskipun jaraknya jauh di Kecamatan Bawang, jika rasanya enak dan harganya sesuai pasti sekali dipesan oleh instansi-instansi. Apalagi menjaga higienis makanannya,” ungkapnya.

Dalam pelatihan program tata boga DBHCHT peserta berjumlah 16 orang yang merupakan keluarga dari petani tembakau. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)