Home / Berita / Sosial / PROGRAM BERSIH SAMPAH, DLH BATANG GELAR SEMINAR TUNTASKAN SAMPAH

Berita

Program Bersih Sampah, DLH Batang Gelar Seminar Tuntaskan Sampah

Batang Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batang gelar seminar dengan Tema "Tuntas Pengelolaan Sampah Berbasis Regulasi Dalam Capaian SDGs Desa" yang diselenggarakan di Hotel Sendang Sari, Kabupaten Batang, Senin (21/11/2022).

Batang Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batang gelar seminar dengan Tema "Tuntas Pengelolaan Sampah Berbasis Regulasi Dalam Capaian SDGs Desa" yang diselenggarakan di Hotel Sendang Sari, Kabupaten Batang, Senin (21/11/2022).

Kepala DLH Batang Akhmad Handy Hakim mengatakan, diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan pengelolaan lingkungan hidup yang berbasis masyarakat dengan memberdayakan segala potensi yang ada di tengah masyarakat dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

“Bahwa Kabupaten Batang saat ini, sudah mulai memasuki era industrialisasi, di sini sudah ada Kawasan Industri Terpadu (KIT) dimana sudah banyak tenant-tenant, dan mudah-mudahan dapat membawa dampak positif bagi warga Kabupaten Batang,” jelasnya.

Namun, jika tidak bisa mengikuti perkembangannya, dimana nanti ke depan juga akan menjadi problema meningkatnya sampah, baik dari limbah domistik pekerja atau tambahnya penduduk di lingkungan masyarakat.

Ia berharap, melalui fasilitasi kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat dalam menjaga dan mengelola sampah.

Sementara itu, Komisi B DPRD Batang Ahmad Khudhori menyampaikan, melihat semakin banyaknya kontribusi sampah di lingkungan masyarakat, setidaknya dari lingkungan keluarga kita tidak berkontribusi sampah sampai ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Mengatasi permasalahan sampah tidak mudah. Butuh proses, kesabaran, dan jangan sampai putus asa. Hal yang paling penting butuh kerja sama dengan berbagai pihak. Jangan malu jadi pengelola sampah, karena ada kemuliaan di sini,” tegasnya.

Untuk menuntaskan masalah tersebut, lanjut dia, masyarakat diimbau tidak melakukannya secara mandiri, tetapi ikut pula menjadi kader dan menyosialisasikan kepada orang-orang di sekitar.

Ia juga berharap, semoga dengan adanya kegiatan ini sampah di Kabupaten Batang akan tertangani dengan baik dan tidak menjadi masalah. (MC Batang, Jateng/Jumadi)