Home / Berita / Sosial / KETUA PMI BATANG MINTA, JUMBARA PMR DAPAT MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN

Berita

Ketua PMI Batang Minta, Jumbara PMR Dapat Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan

Batang - Dalam rangka untuk mengetahui kemampuan Palang Merah Remaja (PMR), Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang gelar Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) Madya dan Wira VII dengan tema Bangkit Bersama Tebar Kebaikan.

Batang - Dalam rangka untuk mengetahui kemampuan Palang Merah Remaja (PMR), Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang gelar Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) Madya dan Wira VII dengan tema Bangkit Bersama Tebar Kebaikan.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari dua malam sejak tanggal 11 hingga 13 November 2022.

Jumbara Madya dan Wira VIII dibuka langsung oleh Asisten Administrasi Setda Batang Sugeng Sudiharto dan Ketua PMI Batang Achmad Taufiq serta Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah Sarwa Pramana.

“Iya. Hari ini kita menggelar Jumbara PMR Madya dan Wira VIII. Seperti diketahui dua tahun yang lalu semua kegiatan diberhentikan semua tidak terkecuali Jumbara ini,” kata Ketua PMI Batang Achmad Taufiq saat ditemui usai membuka Jumbara PMR Madya dan Wira VII di Lapangan Desa Wonobodro, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jumat (11/11/2022).

Terakhir PMI Batang pada tahun 2019 menggelar Jumbara PMR Mula untuk tingkat SD dan MI. Sekarang ini barulah Jumbara untuk SMP, MTS, SMA, SMK, dan MA seluruh Kabupaten Batang.

“Peserta yang ikut dalam Jumbara PMR Madya dan Wira VIII ada 1.300 pelajar dari 31 sekolah seluruh Kabupaten Batang,” katanya.

Tujuan adanya Jumbara PMR Madya dan Wira VIII untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang melatih jiwa kerelawanan bagi adik-adik kita ini.

“Supaya jiwa relawannya muncul dan tertanam dihati sangubari yang mendalam, sehingga nanti saat berada di lingkungan masyarakat menuntut kita berpartisipasi, adik-adik sudah mendapatkan bekal dari sini,” jelasnya.

Adik-adik ini sebelum mengikuti Jumbara PMR Madya dan Wira VIII juga sudah dilatih oleh pembina PMR di sekolahnya masing-masing.

Mereka dilatih dengan tindakan yakni pertolongan pertama dan pertolongan keluarga serta pengetahuan lain tentang kepalang merahan.

“Semoga pemenang dalam Jumbara kali ini dapat berangkat ke Jumbara ke tingkat Provinsi Jawa Tengah,” harapnya.

Sementara itu, Pj bupati diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Batang Sugeng Sudiharto menyampaikan, bahwa PMI Kabupaten Batang dalam melakukan pembinaan terhadap remaja agar mengetahui tentang kepalangmerahan dengan membentuk PMR pada unit sekolah masing-masing.

“Hal ini merupakan komponen relawan yang dimiliki PMI Batang dalam mensosialisasikan dan melaksanakan kegiatan kepalangmerahan baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat,” terangnya.

Jumbara ini menjadi momen puncak pembinaan PMR sebagai ajang keterampilan masing-masing unit sekolah untuk meningkatkan kapasitas pembinaan pada tahun-tahun berikutnya, dalam rangka menyiapkan generasi muda yang berkarakter melalui penanaman nilai-nilai kemanusiaan, kejuangan, dan kesetia kawanan.

“Maka seiring perkembangan teknologi serta perkembangan zaman, ke depan generasi muda khususnya di sekolah dihadapkan pada permasalahan dan tantangan yang tidak ringan,” tegasnya.

Untuk itu, lanjut dia, dilaksanakannya Jumbawa PMR Madya dan Wira VIII bisa menjadi salah satu pembinaan yang bisa diarahkan tiga sasaran utama yang bernama Tri Bhakti PMR yakni pertama meningkatkan keterampilan hidup sehat.

“Kedua berkarya dan berbakti di masyarakat dan ketiga mempererat persahabatan nasional dan internasional,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)