Home / Berita / Sosial / KOMISI A DPRD KUDUS, KUNJUNGI PEMKAB BATANG BAHAS PENERIMAAN BANTUAN STB

Berita

Komisi A DPRD Kudus, Kunjungi Pemkab Batang Bahas Penerimaan Bantuan STB

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang menerima kunjungan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus. Kunjungan dalam rangka untuk mengetahui optimalisasi Pemkab Batang dalam melakukan pendataan bantuan Set Top Box (STB).

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang menerima kunjungan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus. Kunjungan dalam rangka untuk mengetahui optimalisasi Pemkab Batang dalam melakukan pendataan bantuan Set Top Box (STB).

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Kudus Rinduwan mengatakan, kunjungan kami ke Pemkab Batang untuk membawa hal yang positif dari Kabupaten Batang mengenai pendataan STB.

“Langkah-langkah yang dilakukan Kabupaten Batang sangat detail dari sosialisasi, rekap data verifikasi, validasi data P3KE dari desa, sampai menyusun rancangan keputusan Bupati Batang tentang penerimaan STB,” katanya saat ditemui di Ruang Analitik Diskominfo Kabupaten Batang, Jumat (11/11/2022).

Hasil dari data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) mempunyai jumlah sebesar 50.004 KK setelah melalui verifikasi ada 47.157 KK yang kemungkinan nanti menerima bantuan STB.

“Meskipun, Kabupaten Kudus akan lebih dulu dalam pendistribusian bantuan STB kami bisa belajar bagaimana melakukan verifikasi data yang benar supaya proses penyaluran STB di Kabupaten Kudus agar lancar,” jelasnya.

Apalagi, lanjut dia, proses verifikasi diperlukan untuk memeriksa beberapa hal seperti kecocokan alamat dan status calon penerima bantuan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Kabupaten Batang menjadi salah satu kota yang cukup cepat melakukan pendataan, dengan itu kita ingin melihat secara jelas dan pasti bagaimana proses pendataannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Setda Batang Sugeng Sudiharto menyampaikan, terimakasih kehadiran Komisi A DPRD Kabupaten Batang yang telah berkunjung di Kabupaten Batang dengan pembahasan bantuan STB.

“Proses kita menyesuaikan langkah sesuai instruksi yang diberikan Kemenkominfo RI dari sosialisasi sampai verifikasi. Kalau pendistribusian STB sendiri nantinya akan dilakukan kepada pihak ketiga yang ditunjuk langsung Kemenkominfo RI,” terangnya.

Jadi Pemkab Batang tidak memberikan STB langsung ke masyarakat, hal ini yang harus perlu diketahui oleh masyarakat.

“Pasalnya, sebagian STB akan didistribusikan secara door to door oleh Kementerian secara langsung,” tegasnya.

Pemkab Batang saat ini sudah menyerahkan data P3KE kepada Kemenkominfo RI yang nanti akan diverifikasi disana dan keputusan siapa saja yang menerima lewat konfirmasi kementerian.

“Sembari menyerahkan data tadi Pemkab Batang juga masih merancang keputusan Bupati Batang tentang penerimaan STB agar bantuan STB diterima masyarakat secara optimal,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)