Home / Berita / Pemuda dan Olahraga / PEMINAT PETANQUE MENINGKAT, ATLET DITARGETKAN LOLOS PRA-PORPROV

Berita

Peminat Petanque Meningkat, Atlet Ditargetkan Lolos Pra-Porprov

Batang Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Batang makin menggencarkan pengaderan terhadap generasi muda yang berpotensi menjadi bibit unggul pada Cabang olahraga (Cabor) petanque.

Batang Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Batang makin menggencarkan pengaderan terhadap generasi muda yang berpotensi menjadi bibit unggul pada Cabang olahraga (Cabor) petanque.

Sosialisasi yang diintensifkan, ternyata berbuah manis, dengan meningkatnya peminat Cabor petanque dari tahun ke tahun.

Ketua Panitia Pelaksana Popda Cabor Petanque, Yudha Anggarina mengatakan, perkembangan Cabor petanque tahun 2022 mengalami peningkatan, terbukti dengan bertambahnya jumlah atlet-atlet baru, untuk jenjang SD hingga SMA di beberapa wilayah.

“Ada 5 kecamatan yang memiliki atlet berpotensi di Cabor petanque, yakni Kecamatan Batang, Pecalungan, Gringsing, Wonotunggal dan Banyuputih,” katanya, saat memantau jalannya pertandingan Cabor petanque, pada even Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kabupaten Batang 2022, di lapangan Dracik Kampus, Proyonanggan Selatan, Kabupaten Batang, Rabu (12/10/2022).

Meskipun petanque termasuk Cabor baru, namun telah berhasil meraih prestasi dua medali emas pada gelaran Porprov Jateng.

“Pembinaan terus dilakukan untuk memotivasi para atlet meraih prestasi yang lebih baik lagi. Selama enam hari para atlet rutin berlatih mulai dari usia 10-30 tahun,” jelasnya.

Hingga pertengahan Oktober nanti, selain berkonsentrasi pada Popda, para atlet juga bersiap menghadapi Pra-Porprov yakni 23-30 Oktober 2022.

“Target kami supaya bisa lolos Porprov Tahun 2023 di Jepara. Kami mengikuti 13 nomor, semoga bisa lolos di 8 nomor, khususnya sektor putri,” harapnya.

Guru pendamping atlet dari SDN Madugowongjati 2 Siti Susanti mempersiapkan segala sesuatunya, seperti sarana prasarana penunjang, agar proses latihan para atlet lancar.

“Alhamdulillah di sekolah kami sarpras sudah tersedia, seperti lapangan dan bola besi. Semoga anak didik kami bisa lolos di Popda dan bisa maju membawa nama baik Kabupaten Batang di tingkat Porprov,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Disparpora Batang Yarsono membenarkan, saat ini pihaknya sedang intensif menggenjot semangat atlet petanque Batang agar lolos di Porprov 2023 mendatang.

“Beberapa cabor yang masih dipacu oleh Disparpora  untuk terus berprestasi antara lain : panjat tebing, petanque dan anggar,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)