Home / Berita / IKM UKM UMKM / PENTINGNYA HAKI INOVASI RISET, BAPELITBANG BATANG GELAR BIMTEK KEKAYAAN INTELEKTUAL

Berita

Pentingnya HAKI Inovasi Riset, Bapelitbang Batang Gelar Bimtek Kekayaan Intelektual

Batang - Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Batang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kekayaan Intelektual di Ruang Pagilaran Bapelitbang, Kabupaten Batang, Rabu (10/8/2022).

Batang - Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Batang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kekayaan Intelektual di Ruang Pagilaran Bapelitbang, Kabupaten Batang, Rabu (10/8/2022).

Kegiatan Bimtek hanya digelar 10 kabupaten/kota di seluruh Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Batang menjadi urutan nomor satu yang didatangi.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Batang Ari Yudianto mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan fasilitasi perlindungan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) yang dilakukan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Jadi peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat mendaftarkan produknya dan mendapatkan wawasan, sekaligus menjadi konsultan yang memfasilitasi masyarakat lain yang juga ingin mengetahui terkait Hak Kekayaan Intelektual dan cara pendaftaran paten.

“Tujuannya inovasi dan riset yang ada di Kabupaten Batang secara privat dan komunal nanti bisa didata serta dicatatkan agar bisa dilindungkan. Karena beberapa hal manfaat yang cukup baik ke depannya pada saat hasil inovasi dan riset dari masyarakat bisa dipatenkan oleh BRIN ini,” jelasnya.

Apalagi sebelumnya inovasi dan riset di Kabupaten Batang belum sama sekali di hak patenkan. Makanya hari ini memberikan pemahaman kepada peserta Bimtek agar tidak lupa mendaftarkan HAKI agar tidak dirugikan nantinya.

“Karena suatu saat hasil dari inovasi dan riset itu dikembangkan mendapatkan nilai benefitnya. Karena siapapun yang ingin mempelajari harus izin. Sangat rugi jika ada inovasi dan riset tidak dilindungi tiba-tiba dibajak orang lain untuk dikembangkan itu sangat rugi sekali,” terangnya.

Untuk merangsang inovasi ke depan di Kabupaten Batang, karena sudah adanya sebuah pelindungan agar semakin baik aktivitas inovasi secara keseluruhan karya-karya yang dihasilkan oleh Individu.

“Kegiatan Bimtek dilaksanakan selama dua hari yakni hari pertama pesertanya dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Batang. Siapa tahu di OPD ada beberapa inovasi yang setiap tahunnya muncul yang tidak pernah dicatatkan dan hari kedua fokus kepada peserta lomba krenova kreativitas masyarakat dan UKM yang diberikan pemahaman akan pentingnya pelindungan kekayaan intelektual,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)