Home / Berita / IKM UKM UMKM / BATTLE V60 KENDURI KOPI, BUKTI BATANG PENGHASIL ROBUSTA TERBESAR DI JAWA TENGAH

Berita

Battle V60 Kenduri Kopi, Bukti Batang Penghasil Robusta Terbesar di Jawa Tengah

Batang - Battle V60 Kenduri Kopi menjadi bukti pecinta dan penikmat kopi di Jawa Tengah makin dinikmati khususnya Kabupaten Batang. Battle V60 Kenduri Kopi merupakan acara tradisi syukuran kopi perdana dan ajang adu kemampuan barista dalam meracik kopi robusta Kabupaten Batang.

Batang - Battle V60 Kenduri Kopi menjadi bukti pecinta dan penikmat kopi di Jawa Tengah makin dinikmati, khususnya di Kabupaten Batang. Battle V60 Kenduri Kopi merupakan acara tradisi syukuran kopi perdana dan ajang adu kemampuan barista dalam meracik kopi robusta Kabupaten Batang.

Peserta dan pengunjung datang dari berbagai daerah seperti Jepara, Salatiga, Kendal, Pekalongan, dan Pemalang.

Lomba seduh kopi menggunakan teknik V60 merupakan teknik populer dalam menyeduh atau brewing secangkir kopi dalam industri kafe atau para penikmat kopi.

“Kami menggelar acara ini untuk mempromosikan kopi Kabupaten Batang hingga keluar kota dan menggairahkan para petani dan penikmat kopi,” kata Direktur Koperasi Batang Coffee Rifani saat ditemui dalam Battle V60 Kenduri Kopi di Kebun Laboratorium Kopi Batang Coffee Kabupaten Batang, Selasa (5/7/2022).

Para peserta pun memperkenalkan pengalaman autentik menyesap kopi lokal Kabupaten Batang, dengan teknik V60. Apalagi dalam perlombaan seduh kopi ini menggunakan bahan baku yaitu kopi robusta Kabupaten Batang.

“Dipilihnya kopi robusta menjadi bahan utama Battle Kopi karena Kabupaten Batang penghasil kopi robusta terbesar di Jawa Tengah dan kopinya sendiri mempunyai khas tersendiri,” jelasnya.

Kategori pemenang yang dicari Battle V60 Kenduri Kopi adalah Body, acidity dan aftertaste.

“Keunikan dalam Battlle V60 Kenduri Kopi adalah penggunaan bahan utama lomba yang berbeda-beda yakni pada babak penyisihan menggunakan kopi robusta surjo, pada babak semi final menggunakan kopi silurah, dan pada babak final menggunakan kopi genting,” tuturnya.

Selain diramaikan peserta para barista, Battle V60 Kenduri Kopi juga didatangi pengunjung yang diluar ekspetasi, karena  yang hadir 250 orang. melebihi kuota yang kita siapkan penyelenggara 150 orang saja.

“Kegiatan ini bentuk dukungan kami menumbuhkan semangat para petani kopi robusta di Kabupaten Batang yang punya potensi besar,” ungkapnya.

Sementara itu, Peserta Battle V60 Kenduri Kopi dari Kendal Khoirul Anam mengatakan, bahwa acara kompetisi ini, setiap barista punya gaya dan teknik sendiri dalam menyeduh kopi dengan menggunakan alat V60.

Setiap peserta harus memahami dan mengulik kembali rasa dan aroma khas biji kopi yang digunakan dalam perlombaan.

“Biasanya barista menyeduhkan kopi memakai arabika, tetapi ini menggunakan robusta yang pasti tekniknya harus disesuaikan kembali agar rasa ciri khas kopinya keluar,” ujar dia.

Ia juga mengungkapkan, rasa senang adanya kegiatan seperti ini menambahkan ilmu tentang kopi dan menumbuhkan silaturahmi sesama pecinta kopi. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)