Home / Berita / Kegiatan Keagamaan / PAWAI OBOR HIASI KIRAB BUDAYA PSHT

Berita

Pawai Obor Hiasi Kirab Budaya PSHT

Batang - Dalam rangka memperingati Satu Abad Perguruan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) atau yang lebih di kenal dengan Terate Emas dilaksanakan dengan Pawai Obor.

Batang - Dalam rangka memperingati Satu Abad Perguruan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) atau yang lebih di kenal dengan Terate Emas dilaksanakan dengan Pawai Obor.

Tidak kurang dari 700 orang warga dan siswa PSHT Cabang Batang Pusat Madiun melaksanakan pawai obor dalam rangka menyambut Seabad Terate emas di mulai dari dua titik, yaitu pertama dari Lapangan Desa Sidomulyo Limpung terdiri dari 11 kecamatan yaitu Kecamatan Batang, Tulis, Kandeman, Warungasem, Wonotunggal, Subah, Pecalungan, Limpung, Tersono, Gringsing dan Banyuputih sedangkan titik kedua dari Lapangan Sojomerto Reban meliputi Kecamatan Reban, Bandar, Bawang dan Blado.

Ketua Cabang PSHT Bambang Heryanto mengatakan, bahwa kegiatan pawai obor merupakan rangkaian Kirab budaya yang sudah sesuai program dari kegiatan Pusat Madiun.

“Acara ini sudah menjadi program nasional yang harus kami tindaklanjuti di tingkat Cabang, peserta kegiatan dari warga dan siswa tingkat putih yang berasal dari perwakilan seluruh ranting se-Kabupaten Batang,” katanya saat ditemui di Lapangan Desa Sidomulyo, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Rabu (1/6/2022) malam.

Ia juga menjelaskan maksud kegiatan ini juga sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang maha Esa.

“Kita semua nensyukuri bahwa PSHT sudah 100 tahun, sebagai simbul perwakilan Ranting membawa Tanah dan Air ke padepokan kepada ketua Cabang dan ketua Dewan Cabang untuk di teruskan Ke Pusat Madiun sebagai simbol kecintaan terhadap negeri,” jelasnya.

Hal yang sama juga di Sampaikan oleh Ketua Dewan Musbihin, bahwa penyerahan tanah dan air sebagai lambang kecintaan Terhadap Tanah air Indonesia.

“Semua mempunyai makna pengumpulan tanah dan air se-Nusantara melambangkan Kebhinekaan,Melestarikan Budaya,bela Negara untuk menjaga keutuhan NKRI,” ungkapnya.

Ia juga sangat mengapresiasi dukungan pihak Kepolisian dari Polres Batang, Polsek Limpung dan Reban yang turut mengamankan jalannya kegiatan.

“Terima kasih pak Kapolres Batang, Kapolsek Limpung dan Reban atas pengamanannya  sehingga berjalan dengan aman dan lancer,” tuturnya.

Sementara Ketua Ranting Tersono Muarifin mengungkapkan, bahwa kegiatan ini sebagai upaya penanaman rasa patriotisme kebangsaan bagi seluruh anggota PSHT.

“Rasa nasionalisme dan patriotisme sudah ditanamkan oleh pendiri organisasi yaitu Ki Hajar Harjo Utomo yang juga sebagai Pahlawan Perintis Kemerdekaan sudah menjadi kewajiban bagi kami untuk meneruskan perjuangan beliau,” terangnya.

Kepala Kepolisian Sektor Limpung AKP Prisandi Tiar menyampaikan, sesuai perintah Bapak Kapolres Batang AKBP M.Irwan Susanto dalam kegiatan rangkaian kirab budaya ini jajaran kepolisian menyiapkan pengamanan dan pengamanan di sepanjang jalur yang dilalui dan di tempat kegiatan.

“Pawai yang dimulai dari Desa Sidomulyo sampai padepokan kurang lebih 1 km kami tempatkan anggota untuk mengatur arus lalu lintas, sementara yang dari Desa Sojomerto diamankan oleh Polsek Reban, semua untuk menjamin rasa aman dan lancarnya acara,” ujar dia.

Terima kasih kepada seluruh jajaran pengurus PSHT yang selalu berkomunikasi dan berkoordinasi selama ini. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)