Home / Berita / Kegiatan Keagamaan / 390 CALHAJ BATANG SIAP MANASIK DI ISLAMIC CENTER

Berita

390 Calhaj Batang Siap Manasik di Islamic Center

Batang - Pemerintah telah memastikan keberangkatan haji Tahun 2022 Ini, setelah selama dua tahun ditunda efek Pandemi Covid-19.

Batang - Pemerintah telah memastikan keberangkatan haji Tahun 2022 Ini, setelah selama dua tahun ditunda efek Pandemi Covid-19.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemeterian Agama Kabuparen Batang, Luthfi Hakim menegaskan, Calon jamaah haji (Calhaj) yang berangkat tahun ini yang tertunda keberangkatanya pada tahun 2020. 

“Kuota Kabupaten Batang memang tahun lalu ada 717 Calhaj. Tapi karena Kerajaan Saudi Arabia hanya mengizinkan 1 juta. Maka praktis berpengaruh pada kuota yang ada di Indonesia,” katanya, saat ditemui di Kantor Kemenag Batang, Kabupaten Batang, Selasa (24/5/2022).

Adapun kuota jamaah haji Indonesia sebanyak 151 ribu orang dan Jamaah Kabupaten Batang mendapat kuota 393 orang. Dari jumlah itu, ada 14 orang menunda karebangkatan karena faktor pribadi dan lainnya. 

“Kami sudah mendapatkan susulan dari cadangan sebanyak 11 orang. Jadi ada 390 yang kami persiapkan,” katanya. 

Ia pun menyebutkan biaya pembayaran haji tahun 2022 sebanyak Rp42.262.271,00. Biaya itu untuk penyelenggaraan ibadah haji, mulai dari transportasi, akomodasi dan konsumsi. 

“Itu, besaran yang harus dibayar oleh jamaah haji. Tidak ada tambahan lain, karena tahun ini tidak ada karantina,” jelasnya. 

Dijelaskannya, untuk tahun ini pemberangkatan haji dibagi menjadi 42 kelompok terbang (kloter). Namun belum bisa dipastikan jadwalnya, tapi berdasarkan informasi untuk kloter pertama dari Kabupaten Pati dan Jepara.

“Mereka masuk Embarkasih Donohudan Solo itu tanggal 3 Juni 2022. Untuk Batang masih nunggu jadwal berikutnya,” terangnya. 

Ia pun mengingatkan kepada Calhaj untuk mempersipakan fisik, mental, ikuti bimbingan mansik, jaga kesehatannya dan ikuti ketentuan pemerintah. 

“Calhaj Kabupaten Batang rencanya akan melaksanakam manasik haji di Islamic Center Batang. Kami sudah mengajukan izin ke Bupati, Insyaallah tanggal 30 atau 31 Mei 2022 akan melaksnakan praktek manasik haji,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)