Home / Berita / Kegiatan Keagamaan / ANTISIPASI ISPA, CALHAJ DISARANKAN VAKSINASI INFLUENSA

Berita

Antisipasi ISPA, Calhaj Disarankan Vaksinasi Influensa

Batang Menjelang keberangkatan ke Mekah, sebanyak 393 Calon Jamaah Haji (Calhaj) Kabupaten Batang mengikuti manasik haji dengan materi seputar kesehatan dari Dinas Kesehatan.

Batang Menjelang keberangkatan ke Mekah, sebanyak 393 Calon Jamaah Haji (Calhaj) Kabupaten Batang mengikuti manasik haji dengan materi seputar kesehatan dari Dinas Kesehatan.

Selain kewajiban vaksinasi Covid-19 dan Meningitis, para Calhaj pun disarankan untuk divaksinasi Influensa, untuk mengantisipasi kerawanan terpapar Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

Sekretaris Dinas Kesehatan Batang dr. Ida Susilaksmi menyampaikan, vaksinasi Influensa telah disarankan kepada Calhaj sejak beberapa tahun lalu.

“Tahun ini Calhaj kembali disarankan mendapat vaksinasi Influensa karena saat ini di Kota Mekah sedang memasuki musim panas. Maka risiko terpapar ISPA lebih tinggi, utamanya jamaah Lansia, maupun bagi mereka yang memiliki masalah pada saluran pernapasan,” katanya, saat menjadi nara sumber utama, pada kegiatan Bimbingan Manasik Haji, di Hotel Dewi Ratih, Kabupaten Batang, Selasa (24/5/2022).

Ia menerangkan, seiring dikuranginya kuota jamaah haji untuk Indonesia, maka jumlah petugas yang disiapkan juga berbeda dari beberapa tahun lalu.

“Sebelumnya ketika kondisi normal, petugas kesehatan untuk tiap kloter satu dokter dan dua perawat, namun tahun ini hanya satu dokter dan satu perawat,” jelasnya.

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, para Calhaj pun memperoleh materi tentang kesehatan haji.

“Calhaj patut mewaspadai penyakit-penyakit yang rawan terjadi di sana, dengan memakai alat pelindung diri karena di Bulan Juli menjadi puncak musim panas. Seperti tetap memakai masker, membawa payung, mamakai alas kaki, memakai kacamata hitam, selalu menyemprot wajah dan tubuh serta mengonsumsi air yang cukup,” terangnya.

Ia menambahkan, bagi Calhaj yang memiliki riwayat penyakit seperti hipertensi, diabetes, jantung, kolesterol, asma dan lainnya, persiapkan obat-obatan yang diperlukan setelah konsultasi dengan dokter yang merawat di Tanah Air. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)