Home / Berita / Sosial / BI TEGAL MENINJAU LANGSUNG KESEDIAAN UANG DI REST AREA 379 BATANG

Berita

BI Tegal Meninjau Langsung Kesediaan Uang di Rest Area 379 Batang

Batang - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tegal meninjau layanan penukaran uang rupiah menjelang lebaran di Rest Area 379 Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Kamis (28/4/2022).

Batang - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tegal meninjau layanan penukaran uang rupiah menjelang lebaran di Rest Area 379 Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Kamis (28/4/2022).

Kepala Kantor Perwakilan BI Tegal Taufik Amrozy mengatakan, kita mulai bergerak dari Jalan Tol 275 km bersama rekan-rekan BI meninjau layanan penukaran uang rupiah di beberapa titik lokasi rest area dari Brebes hingga Kabupaten Batang yang kita layani di 60 titik penukaran diseluruh perbankan.

“Layanan penukaran uang rupiah bersama tersebut merupakan wujud nyata sinergi pemenuhan kebutuhan uang dengan perbankan. Sinergi pemenuhan kebutuhan uang rupiah akan terus dijaga dan ditingkatkan sesuai dengan amanat Undang-undang No. 7 tahun 2011 tentang Mata Uang,” jelasnya.

Kegiatan ini sudah berlangsung selama dua minggu dan Kabupaten Batang adalah titik terakhir yang kita tinjau. Setiap rest area sendiri masing-masing ada dua perbankan yang melayani penukaran uang rupiah.

“Layanan penukaran uang rupiah ini akan terus ada sampai H-1 menjelang lebaran. Batasan penukaran uang rupiah setiap mobil pelayanan Rp380 juta berarti ada 100 paket mulai dari Rp20.000,00 sampai Rp1.000,00 kalau dihitung Rp3.800.000,00 per orang,” terangnya.

Tetapi, lanjut dia, kali ini banyaknya peminat kita naikkan menjelang lebaran menjadi Rp540 juta hampir perbankan menaikkan maksimal pelayanan penukaran uang rupiah dua kali lipat. Meskipun kita tambah maksimal nominalnya tapi tetep habis, ini saja di Rest Area 379 hampir habis.

“BI sendiri menyediakan total Rp4,1 triliun mulai awal ramadhan hingga menjelang lebaran itu naik 24% dibanding tahun lalu. Bahwa ini menunjukkan masyarakat sudah bergairah berbelanja kembali setelah Pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Sementara, Pemudik Asal Cirebon Tiya (35) mengatakan, saya menukar uang rupiah disini karena layanan penukaran di Cirebon tidak ada. Terus tadi beberapa rest area yang kita lewati juga antriannya penuh semua. Akhirnya saya menukarnya di Rest Area 379 ini.

“Saya menukar pecahan Rp10.000,00 saja untuk lebaran di kampung halaman jawa timur. Pelayanan penukaran disini sangat cepat dan tanpa syarat apapun yang terpenting harus bawa uang cash soalnya lebih enak,” ungkapnya.

Pelayanan ini sangat membantu sekali untuk saya. Apalagi bagi pemudik untuk daerah-daerahnya tidak ada layanan penukaran uang baru. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)