Home / Berita / Agama / SPN BERIKTIKAF, UPAYA MEMBANGUN SEMANGAT SPIRITUAL

Berita

SPN Beriktikaf, Upaya Membangun Semangat Spiritual

Batang Serikat Pekerja Nasional (SPN) Batang bekerja sama dengan Kampung Hijrah dan Kampung Jamune Bu’e menggelar iktikaf, setelah mendapat izin dari pengurus takmir Masjid Agung Darul Mutaqin.

Batang Serikat Pekerja Nasional (SPN) Batang bekerja sama dengan Kampung Hijrah dan Kampung Jamune Bu’e menggelar iktikaf, setelah mendapat izin dari pengurus takmir Masjid Agung Darul Mutaqin.

Sekretaris SPN Batang Gotama Bramanti mengatakan, iktikaf ini dapat terlaksana berkat ide para kaum buruh yang ingin membangun semangat spiritual dengan memanfaatkan 10 hari terakhir bulan suci Ramadan.

“Ini sesuai komitmen kami, bahwa keberadaan SPN di Batang tidak hanya memikirkan diri sendiri, tapi juga menunjukkan semangat religius, dengan melaksanakan iktikaf,” katanya, saat ditemui, di Masjid Agung Darul Mutaqin, Kabupaten Batang, Jumat (22/4/2022) dini hari.

Selama bulan suci Ramadan, SPN juga menggelar pengajian bersama KH. Hijroh Saputro dan Ustaz Casrameko.

“SPN ingin membangun spiritual anggota agar ketika Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, kami tidak kehilangan identitas diri, agar kondusivitas masyarakat yang sudah terbangun tetap terjaga,” tegasnya.

Sementara, Ketua Komunitas Kampung Hijrah, Pembina Pondok Pesantren Al Munawaroh, Ustaz Casrameko atau akrab disapa Ustaz Miko mengutarakan, nilai-nilai keagamaan perlu ditanamkan dalam jiwa kaum buruh.

“Jadi mereka tidak sekadar bersemangat dalam menyuarakan hak-haknya saja, tapi dari sisi spiritual pun mampu ditunjukkan, sehingga terjadi keseimbangan antara hubungan dengan Allah maupun dengan sesama manusia,” jelasnya.

Ia mengharapkan, iktikaf ini membawa keberkahan bagi seluruh anggota SPN.

“Iktikaf itu memang diperintahkan oleh Rasulullah, agar kaum buruh mampu meniru akhlak nabi sehingga dapat memunculkan jiwa sosial,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)