Home / Berita / Sosial / SAKA ADHYASTA MELATIH KEPEDULIAN PELAJAR WUJUDKAN PEMILU BERSIH

Berita

Saka Adhyasta Melatih Kepedulian Pelajar Wujudkan Pemilu Bersih

Batang Bawaslu Kabupaten Batang membentuk Saka Adhyasta Pemilu untuk melatih kepedulian para pelajar dalam mewujudkan Pemilu yang bersih.

Batang Bawaslu Kabupaten Batang membentuk Saka Adhyasta Pemilu untuk melatih kepedulian para pelajar dalam mewujudkan Pemilu yang bersih.

Sebanyak 54 anggota Saka Adhyasta yang telah bergabung mayoritas calon pemilih pemula. Di tahun 2024 mendatang merupakan kesempatan perdana bagi mereka, untuk menggunakan hak pilihnya.

Ketua Pimpinan Saka Adhyasta Pemilu, sekaligus Koordinator Divisi Hukum, Humas dan Data Informasi, Bawaslu Batang Khikmatun mengatakan, setelah para pelajar mengetahui sistem Pemilu yang benar, maka mereka akan termotivasi untuk ikut mengawasi jalannya proses Pemilu secara baik dan benar.

“Mereka juga memiliki kesempatan yang sama untuk mengawasi meski segmentasinya bukan pemilih pemula,” katanya, saat ditemui di Kantor Bawaslu Kabupaten Batang, Senin (28/3/2022).

Peran Saka Adhyasta Pemilu, bisa ditunjukkan mulai sejak proses awal penentuan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang dipasang oleh KPU.

“Apakah namanya, keluarganya, tetangganya sudah terdaftar atau belum. Atau bahkan sebaliknya, mereka yang sudah meninggal malah masih terdaftar, itulah bentuk pengawasan anak-anak terhadap proses awal Pemilu,” tegasnya.

Ia mengharapkan, anggota Saka Adhyasta Pemilu segera melaporkan kepada Bawaslu, ketika menemukan kejanggalan yang rawan terjadi.

“Sampai pada yang paling berat, jika melihat tindakan kecurangan seperti politik uang dan lainnya. Mereka bisa melaporkan ke Pengawas Desa atau langsung ke Bawaslu,” imbaunya.

Dewan Saka Adhyasta Pemilu, Tiara Nabila   pada awal pembentukannya memang sedikit mengalami kesulitan, karena mayoritas pelajar di SMA/SMK di Batang banyak yang telah bergabung sebagai anggota di beberapa Saka.

“Alhamdulillah setelah mengirimkan surat dan menghubungi langsung pembina Pramuka di SMA/SMK se-Kecamatan Batang, akhirnya teman-teman lain bisa bergabung di Saka Adhyasta Pemilu,” ungkapnya.

Di dalamnya ada materi-materi tentang wawasan seputar Pemilu, pengawasan, penanganan pelanggaran dan pencegahan.

Ia menambahkan, dengan bergabung di Saka Adhyasta Pemilu, teman-teman bisa mempersiapkan diri, ketika menyambut Pemilu di tahun 2024 mendatang, secara jujur, adil dan bersih.

“Teman-teman Saka Adhyasta harus berani melaporkan ketika ada pelanggaran, misalnya tetap terdaftar walaupun sebetulnya sudah meninggal dunia,” terangnya.

Pemilu merupakan media untuk mewujudkan sistem demokrasi yang makin baik.

“Tujuan akhirnya juga untuk kesejahteraan rakyat. Jadi kalau cara memilihnya sudah kotor atau tidak sesuai prosedur bagaimana bisa mewujudkan harapan tentang pemimpin yang benar,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)