Home / Berita / Seni dan Budaya / PETANESIA BATANG KENALKAN WISATA BUDAYA DESA SILURAH KE KOMUNITAS PECINTA ALAM

Berita

Petanesia Batang kenalkan Wisata Budaya Desa Silurah Ke Komunitas Pecinta Alam

Batang - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pecinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) Kabupaten Batang memperkenalkan Desa silurah sebagai wisata budaya kepada komunitas pecinta alam di seluruh Jawa Tengah dengan menggelar kegiatan doa bersama kepada pahlawan dan camping bersama.

Batang - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pecinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) Kabupaten Batang memperkenalkan Desa silurah sebagai wisata budaya kepada komunitas pecinta alam di seluruh Jawa Tengah dengan menggelar kegiatan doa bersama kepada pahlawan dan camping bersama.

“Petanesia sendiri merupakan organisasi yang didirikan oleh Habib Luthfi bin Yahya berawal keprihatinan tentang NKRI yang saat ini sedang digoyang separatisme, radikalisme, dan terorisme. Maka dari itu beliau ingin pemuda-pemuda yang ada di Indonesia itu cinta tanah air indonesia. Salah satunya mengenal sejarah dan wisata yang ada di Desa Silurah,” kata Ketua DPC Kabupaten Batang Mustofa saat ditemui di Lapangan Desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Sabtu (13/11/2021) malam.

Petanesia bergerak pada budaya, tradisi, sejarah dalam penekannya yang melibatkan lintas agama dan budaya. Karena di petanesia sendiri ada salah satu divisi yang mengurusi tentang pariwisatanya.

“Kita memilih Desa Silurah karena mempunyai banyak keunikan budaya mungkin nomor satu di Kabupaten Batang tetapi selama ini belum terlalu terekspos oleh masyarakat di luar daerah. Karena itu kita mendatangkan pecinta alam untuk mengadakan kegiatan disini agar mereka bisa mempublikasikan di media sosial atau berceria nanti dengan teman-teman mereka sesama pecinta alam,” jelasnya.

Kita, lanjut dia, disini mengundang 70 orang pecinta alam memang angkanya tidak banyak karena masih masa pendemi Covid-19 akan tetapi kita mengambil perwakilan diberbagai daerah dan disini ada pecinta alam dari Situbondo Jawa Timur yang datang kesini.

petanesia itu pecinta tanah air indonesia memang belum terbentuk secara resmi tetapi dalam waktu dekat ini DPC Petanesia Kabupaten Batang akan dilantik.

Sementara itu, Kepala Disparpora Kabupaten Batang Yarsono mengatakan,  petanesia itu pecinta tanah air indonesia salah satunya ada divisi pariwisatanya yang mempunyai kegiatan mengenalkan wisata di Kabupaten Batang jadi nantinya akan saling bekerja sama dengan Disparpora Kabupaten Batang.

“Wisata yang akan diperkenalkan pada waktu dekat ini khusus yang visi misinya Bapak Bupati Batang Wihaji dengan 4si yaitu Sikembang, Sikuping, Sigandu, dan Silurah. Kebetulan malam hari ini teman-teman Petanesia di Desa Silurah akan mengangkat sejarah dan budayanya,” terangnya.

Desa Silurah sendiri ada patung ganesha dan untuk saat ini juga kita sedang proses membangun taman syailendra yang akan menjadi daya tarik wisata untuk masyarakat luar daerah. Taman ini juga bisa menjadi ikon untuk Kabupaten Batang dari segi wisata budayanya.

Diharapkan, kegiatan positif ini dari Petanesia terus dilakukan untuk wisata lainnya yang ada di Kabupaten Batang agar mimpi kita haven of asia 2022 dapat terwujud. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)