Home / Berita / Pertanian Perikanan Perkebunan Peternakan / WARGA DESA TEGALSARI, GELAR LOMBA BALAP MOTOR GABAH UNTUK MERAYAKAN PANEN RAYA PADI

Berita

Warga Desa Tegalsari, Gelar Lomba Balap Motor Gabah Untuk Merayakan Panen Raya Padi

Batang - Tradisi unik yang dilakukan Warga Desa Tegalsari setelah melakukan panen raya padi para komunitas ojek gabah melakukan lomba motocross dengan motor yang biasa untuk mengangkut gabah.

Batang - Kegiatan  unik yang dilakukan komunitas ojek gabah Desa Tegalsari setelah  panen raya padi, melakukan lomba motocross dengan motor yang biasa untuk mengangkut gabah.

Kebanyakan motor yang dipakai adalah motor bebek yang telah di modifikasi ala motocross. Sirkuit lomba  menggunakan area persawahan usai dipanen, di Dukuh Pungangan, Desa Tegalsari, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Minggu (12/9/2021).

Lomba yang diikuti oleh 30 pembalap ojek gabah ini memperebutkan hadiah sepatu boots dan ban trail sepeda motor.

Ketua Panitia Komunitas Ojek Gabah Rokhim mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kegembiaraan petani dan buruh petani usai melaksanakan panen raya padi di tanah pusaka desa.

Dijelaskannya, kegiatan ini sebagai wujud rasa syukur warga desa dan luapan kegembiraan warga dengan menggelar lomba ketangkasan dan kelincahan mengendarai sepeda motor dengan membawa karung gabah di medan lumpur persawahan.

Keberadaan komunitas ojek gabah sudah ada sejak lima tahun yang lalu, namun baru kali ini digelar balap motor gabah.

“Setiap pembalap merupakan anggota ojek gabah,  pembalap wajib membawa karung gabah melintasi sirkuit yang berlumpur,” jelasnya.

Sementara Kepala Desa Tegalsari Daryono menyampaikan, kegiatan ini menjadi kreativitas komunitas ojek gabah di Desa Tegalsari Kecamatan Kandeman.

Saya menjanjikan akan melaksanakan kegiatan balap motor gabah sebagai agenda tahunan wisata desa.

“Selain hiburan dan olahraga, balap motor gabah ini akan menjadi ikon wisata desa dengan peserta dari para ojek gabah,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)