Home / Berita / Sosial / KWARCAB BATANG SIAP FASILITASI PELATIHAN KETERAMPILAN WBP

Berita

Kwarcab Batang Siap Fasilitasi Pelatihan Keterampilan WBP

Batang - Kwartir Cabang (Kwarcab) Batang siap memfasilitasi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Batang, dalam memberikan pelatihan keterampilan sesuai dengan bakat dan kompetensi yang dimiliki.

Batang - Kwartir Cabang (Kwarcab) Batang siap memfasilitasi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Batang, dalam memberikan pelatihan keterampilan sesuai dengan bakat dan kompetensi yang dimiliki.

Selama ini beberapa pelatihan keterampilan telah diberikan Rutan Batang agar tiap WBP memiliki kesiapan sebelum kembali ke lingkungan masyarakat. Produk yang dihasilkan di antaranya keset, peci rajut, berbagai produk berbahan dasar sabut kelapa seperti kotak tisu, vas bunga, cocopeat (media tanam) dan olahan wedang rempah.

Ada pula peternakan domba dan cacing yang sedang dikembangkan dengan melakukan studi banding ke Kota Malang.

Semua itu membuat Ketua Kwarcab Batang, Retno Dwi Irianto takjub dengan beragam potensi yang dimiliki Rutan Batang. Untuk kembali ke masyarakat perlu berbagai persiapan, tidak hanya mental tapi bekal keterampilan pun dibutuhkan.

“Bisa dilihat berbagai hasil karyanya merupakan bukti nyata. Mereka yang dulu tidak punya keterampilan apapun, sekarang sudah bisa mengubah limbah jadi produk-produk inovatif yang bernilai jual tinggi,” ungkapnya, saat meninjau berbagai hasil karya WBP, di Ruang Bimbingan Kerja, Rutan Kelas IIB Kabupaten Batang, Selasa (13/4/2021).

Ia menegaskan, pihak Kwarcab siap memberikan bimbingan teknis kepada WBP yang berpotensi besar menjadi wirausahawan, sesuai kompetensi masing-masing.

“Kami bisa mengarahkan mereka untuk meningkatkan kompetensi melalui peran Kwarran, Kwarcab bahkan hingga Kwarda. Itu bukti ada sinergi antar Kwartir dalam membentuk sumber daya manusia yang berdaya saing,” tandasnya.

Kepala Rutan Kelas IIB Batang, sekaligus Ketua Majelis Pembina Gugus Depan (Kamabigus), Rindra Wardhana mengucapkan terima kasih atas kunjungan Ketua Kwarcab Batang, yang bersedia melihat langsung produk-produk olahan hasil karya WBP.

“Hasil olahan beragam bahkan sudah sering dipromosikan setiap hari Minggu di Car Free Day Alun-alun Batang. Pembelinya bisa memilih langsung produk yang diinginkan dengan harga terjangkau,” terangnya.

Ia mengapresiasi rencana Ketua Kwarcab yang ingin memberikan dukungan penuh kepada WBP yang berkompeten untuk menjadi wirausaha.

“Semoga peran WBP terasa manfaatnya bagi masyarakat saat bebas nanti,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)