Home / Berita / Sosial / DUTA GENRE UPAYAKAN PIK-R HADIR DI LOKALISASI

Berita

Duta Genre Upayakan PIK-R Hadir di Lokalisasi

Batang - Duta Genre 2021 berupaya membentuk Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di lingkungan lokalisasi, agar para remajanya dapat menjadi teladan dalam berperilaku dan menghindari kenakalan remaja.

Batang - Duta Genre 2021 berupaya membentuk Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di lingkungan lokalisasi, agar para remajanya dapat menjadi teladan dalam berperilaku dan menghindari kenakalan remaja.

Rencana kerja itu muncul karena melihat tempat-tempat hiburan malam, yang di dalamnya tak hanya terdapat para pekerja seks komersial saja. Namun yang menjadi perhatian utamanya adalah remaja dan anak-anak pun harus dipulihkan psikologinya.

“Jika ini dibiarkan dan tidak diarahkan, hal yang paling ditakutkan mereka akan ikut terjerumus dalam pergaulan bebas. Terjadinya seks bebas itu bukan karena ketidaktahuan, namun bisa jadi disebabkan faktor lingkungan yang mendukung terjadinya berbagai hal negatif, maka para remaja di sana patut disosialisasi, sehingga secara mental mereka akan teredukasi mengarah pada perilaku positif,” kata Juara 1 Putri Duta Genre Batang, Ervina Ristiana saat ditemui di Bioskop Kafe, Kabupaten Batang, Kamis (25/3/2021).

Ia mengatakan, wilayah yang menjadi perhatian utama agar segera dibentuk PIK-R adalah  Penundan karena banyak anak dan remaja di sana yang perlu mendapatkan konseling.

“Kami akan menggandeng Forum Komunitas Peduli Batang (FKPB) bersama Forum Remaja Sehat (FORES), Komisi Penanggulangan Aids (KPA),” terangnya.

Tujuan diajaknya beberapa forum, Lanjut dia, agar warga setempat tidak merasa canggung dengan kehadiran Duta Genre.

Menurut dia, maraknya pernikahan dini yang terjadi, menimbulkan banyak risiko, seperti keguguran karena fisik dan mental mereka belum sepenuhnya matang dan siap, bahkan dapat menimbulkan perceraian.

Ia mengharapkan, remaja harus aktif mengikuti kegiatan positif, agar masa depannya lebih terarah. Remaja bisa mengoptimalkan waktu kesehariannya ke arah hal-hal yang bermanfaat.

“Usia remaja itu sangat singkat, tidak berlangsung lama, hanya sampai 15 tahun. Ikutilah kegiatan-kegiatan positif di sekolah maupun lingkungan tempat tinggal,” ajaknya.

Ia juga menyarankan agar remaja lebih bijak lagi dalam bermedia sosial. Karena saat ini, di facebook, instagram dan lainnya banyak bermunculan postingan yang bernada negatif.

Juara 1 Putra Duta Genre Batang Sidik Prasetyo menuturkan, salah satu strategi untuk melawan perilaku menyimpang seperti kenakalan remaja adalah dengan pengaturan waktu yang memadatkan kegiatan positif.

“Waktu yang diisi dengan kegiatan positif yang padat, pasti menjadi remaja lebih fokus pada hal positif, menjauhkan bahkan membuat lupa untuk melakukan perilaku menyimpang,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)