Home / Berita / Sosial / BUPATI BATANG TINJAU JALAN AMBLAS PENGHUBUNG ANTAR DESA

Berita

Bupati Batang Tinjau Jalan Amblas Penghubung Antar Desa

Batang - Bupati Batang Wihaji meninjau langsung jalan penghubung antar dukuh yang amblas di Desa Durenombo, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Selasa (9/2/2021).

Batang - Bupati Batang Wihaji meninjau langsung jalan penghubung antar dukuh yang amblas di Desa Durenombo, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Selasa (9/2/2021).

“Ada sekitar 70 hingga 75 meter jalan penghubung antar Dukuh Durensari menuju dukuh Durenombo yang mengalami penurunan tanah,” katanya.

Ia mengatakan, jalan tersebut merupakan akses vital bagi masyarakat perdukuhan, maka segera ditindaklanjuti dengan membuat jalan darurat.

“Kepala desa sudah saya perintahkan untuk musyawarah dengan warga pemilik tanah, karena jalannya akan kita geser. Setelah itu kita akan kirim alat berat untuk membantu membuat jalan darurat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Jalan dan Jembatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Batang, Endro Suyo mengatakan, statusnya jalan desa jadi kewenangan berada di desa. Untuk penanganan darurat DPUPR akan membantu pembuatan jalan darurat.

“Rencana besok Rabu (10/2/2021) Insyaallah mulai penanganan darurat dengan turunkan alat berat untuk penanganan, sementara agar jalan bisa dilewati,” tuturnya. 

Lebih lanjut dia menerangkan, Kejadian ambalasnya jalan tersebut pada Senin (8/2/2021) pagi, karena curah hujan tinggi berakibat saluran atau drainase tersumbat hingga tidak mampu menampung debit air, akhirnya melimpah ke sisi jalan barat dan menggerus tebing hingga rubuh dan sebagaian jalan mengalami amblas. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)