Home / Berita / Teknologi / PODCAST CARA KEKINIAN RUTAN BATANG SAMPAIKAN INFORMASI

Berita

Podcast Cara Kekinian Rutan Batang Sampaikan Informasi

Batang - Perkembangan informasi yang makin cepat membuat Rutan Kelas IIB Batang mulai merambah ke dunia digital menggunakan media Podcast sebagai sarana menyampaikan informasi positif seputar pemasayarakatan.

Batang - Perkembangan informasi yang makin cepat membuat Rutan Kelas IIB Batang mulai merambah ke dunia digital menggunakan media Podcast sebagai sarana menyampaikan informasi positif seputar pemasayarakatan.

Media tersebut juga digunakan dalam proses pembinaan ke arah yang baik, bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

“Podcast ini digunakan perdana bertepatan saat malam I Muharam. Kami mengundang Habib Abas bin Abubakar Al Hadad sebagai tamu kehormatan, sekaligus berkenan menyampaikan pesan yang memotivasi WBP dan masyarakat agar mampu memanfaatkan media digital bagi kebaikan umat,” kata Kepala Rutan Kelas IIB Batang, Rindra Wardhana usai membawakan program Talkshow “Berbincang Bersama Habib di Rutan Rowobelang, Kabupaten Batang, Rabu (19/8/2020).

Menurut dia, Podcast ini dapat digunakan untuk menyampaikan informasi yang mengedukasi seluruh kalangan. Podcast akan terus disiarkan dengan mengundang narasumber-narasumber yang dapat membawa dampak positif, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Tidak menutup kemungkinan seorang WBP dari Pondok Pesantren Darut Taubah pun akan kami perbolehkan mengisi Podcast, melalui ilmu-ilmu agama yang telah dipelajari dari para Habib, Kyai dan Ustaz. Tujuannya hanya satu menebar kebaikan dari ilmu yang didapat,” terangnya.

Rindra menambahkan, informasi seputar proses pemasyarakatan pun akan tersampaikan kepada masyarakat, supaya ada perubahan pola pikir tentang WBP. Sehingga nantinya masyarakat bersedia ikut mengambil peran dalam proses pembinaan, baik saat WBP berada di dalam maupun setelah bebas.

“Podcast juga bisa digunakan sebagai kontrol masyarakat, apakah pelaksanaannya sudah sesuai dengan tugas yang diamanahkan,” tegasnya.

Sementara itu, Habib Abas bin Abubakar Al Hadad mengemukakan, apresiasi yang setinggi-tingginya, atas hadirnya media Podcast di Rutan Batang.

“Semoga Podcast yang digagas seluruh pihak Rutan Batang membawa kebaikan dan keberkahan bagi masyarakat hingga seluruh umat, dengan menyampaikan konten yang positif,” harapnya.

Habib pun mendukung para santri Pondok Pesatren Darut Taubah yang bersungguh-sungguh mendalami ilmu agama.

Diharapkan, setelah bebas nanti ilmu itu dapat diaplikasikan kepada sesama di lingkungan sekitar. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)