Home / Berita / Seni dan Budaya / BUPATI BATANG WACANAKAN GEDUNG WANITA JADI GEDUNG KESENIAN

Berita

Bupati Batang Wacanakan Gedung Wanita Jadi Gedung Kesenian

Batang Bupati Batang Wihaji, mewacanakan gedung wanita akan dijadikan gedung kesenian. Pasalnya perkembangan kesenian di Batang ada kemajuan yang sangat luar biasa, sehingga sudah selayaknya Pemkab memiliki gedung kesenian.

Hal ini disampaikan usai menutup kegiatan Festival Drama Pelajar se-Kabupaten Batang di Gedung Wanita Batang, Minggu malam (6/10/2019).

"Gedung Wanita menjadi alternatif tempat penyelenggaraan kesenian, gedung kesenian yang lebih representatif menjadi PR kita ke depan," ujarnya. 

Sementara, lanjutnya, selama ini setiap kegiatan berada di Jalan Veteran. Oleh karena itu, untuk tahun - tahun ke depan kita pikirkan gedung kesenian. 

"Untuk jangka pendek gedung wanita belum mampu kita bangun karena keterbatasan anggaran, tapi kita butuh untuk menampilkan dunia seni musik, teater dan seni lain yang mengundang publik," jelasnya.

Bupati juga sangat mengapresiasi seni teater karena ada kejujuran dan idealisme untuk mengkritik jalan pemerintahan atau negara dengan cara pandang pelaku teater. 

"Saya tidak masalah dengan kiritik para seniman teater, karena cara mereka menyampaikan kritik sosial dengan intelektualnya, moderat, dari pada demo yang berujung anarkis,” imbuhnya.

Bupati juga sangat menerima dengan pendekatan seni teatrikal teater dalam menyampaikan pendapatnya, karena sangat elegan dan bebas mengrikitik apa saja di ruang demokrasi. 

"Teater semangatnya adalah seni untuk membangun karakter, dan orang seni itu lebih jujur, karena sekarang kejujuran mahal harganya," terangnya. 

Oleh karena itu, lanjutnya, Pemkab selalu mendukung kegiatan kesenian yang ada di Batang, karena sebuah peradaban yang maju pasti dibarengi dengan kemajuan seni dan budaya. 

Sementara, Ketua Panitia Festival Drama Pelajar Akhmad Syaiful Muluq mengatakan, kegiatan drama teater sudah menjadi agenda tahunan di Batang yang ditunggu tunggu.

"Seni teater di Batang setiap tahunnya mengalami kemajuan dan peminatnya pun semakin banyak, maka kami harapkan Pemkab membangun Gedung Kesenian," pintanya.

Ia menjelaskan teater pada kali ini digelar selama tiga hari mulai tanggal 4-6 Oktober 2019, dan yang berhasil menjadi juara pertama yaitu SMKN 1 Batang (Teater Undercover), juara kedua MA Darusalam Subah (Teater Lentera), juara ketiga SMKN 1 Kandeman (Teater Langit). (Humas Batang, Jateng/Edo)