Home / Berita / Pembangunan / BUPATI BATANG ANGGARAKAN RP9 MILIAR UNTUK IRIGASI

Berita

Bupati Batang Anggarakan Rp9 Miliar Untuk Irigasi

Batang - Puluhan jaringan irigasi di Kabupaten Batang masuk dalam tahap perbaikan di tahun 2019. Ada sekitar 20 jaringan yang tahun ini dikebut dalam pengerjaannya. 

"Jumlah total kegiatannya ada 20 pemeliharaan rutin jaringan irigasi, di antaranya 9 jaringan irigasi dengan sumber dananya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan nilai anggaran Rp4,2 miliar, 11 kegiatan rutin lainnya dari APBD senilai Rp 4,8 miliar," kata Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Batang Karyono saat ditemui di Kantor DPUPR Kabupaten Batang, Selasa (9/7/2019). 

Perbaikan jaringan irigasi lanjutnya, menjadi konsentrasi Bupati Batang Wihaji dan Wakil Bupati Batang Suyono, karena sesuai dengan janji kampanyenya yakni jalan mulus dan irigasi terurus. 

“Adapun 9 kegiatan pemeliharaan yang bersumber dari DAK meliputi, rehabilitasi irigasi Desa Karanganyar Kecamatan Reban dengan nilai kontraknya mencapai Rp280 juta,” terangnya.

Dijelaskan, rehabilitasi jaringan irigasi bolodewo Kecamatan Bawang dan Tersono nilai pengerjaannya mencapai Rp733 juta. Rehabilitasi jaringan irigasi Jogoloyo Desa Karanganom Kecamatan Kandeman sebesar Rp 260 juta. Rehabilitasi jaringan irigasi Aji Andap Kecamatan Bawang sebesar Rp637 juta. Rehabilitasi jaringan irigasi Pondokgiono Kecamatan Gringsing nilai pengerjaanya sebesar Rp202 juta, serta rehabilitasi jaringan irigasi Candi Kecamatan Bandar sebesar Rp720 juta. 

"Dari 6 jaringan irigasi ini sudah dalam pelaksanaan pengerjaan sejak 28 Juni dan akan selesai pada 25 Oktober 2019," sambungnya. 

Adapun tiga jaringan irigasi yang masih dalam tahap lelang lanjutnya, yaitu rehabilitasi jaringan irigasi Sirandu Kecamatan Reban sebesar Rp 238 juta, irigasi Gandu Pandan Desa Subah Kecamatan Subah sebesar Rp203 juta dan jaringan irigasi Siluke Kecamatan Bandar sebesar Rp307 juta.

Untuk 11 kegiatan yang bersumber dari APBD 2019 yakni pembangunan saluran irigasi Kali Arus Kecamatan Bawang, irigasi Tropong Desa Jolosekti Kecamatan Tulis, irigasi Sirumbing Desa Wonosobo Kecamatan Reban, irigasi Kemuning Desa Kluwih, Irigasi Posong Kecamatan Tulis, irigasi Jetis Kecamatan Banyuputih, irigasi Sumilir Desa Sodong Kecamatan Wonotunggal, irigasi Segog Desa Gombong, irigasi Tasurang Desa Gemuh, irigasi Jambu Lintang, serta irigasi Gumiwang Desa Gemuh Kecamatan Pecalungan. 

"11 kegiatan bersumber dari APBD senilai Rp4,8 miliar yang akan dikerjakan pada tahun ini, untuk sekarang masih dalam tahap lelang di LPSE," pungkasnya. (Humas Batang, Jateng/Edo)