Home / Berita / IKM UKM UMKM / PSDKU UNDIP BATANG RESMIKAN EXPO UMKM DAN PAMER BUDAYA ASLI TUMBREP

Berita

PSDKU UNDIP Batang Resmikan EXPO UMKM dan Pamer Budaya Asli Tumbrep

Batang - Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) UNDIP Batang merintis desa wisata melalui Expo UMKM dan Pamer Budaya asli Desa Tumbrep, di depan PSDKU UNDIP Batang, Kabupaten Batang, Sabtu (4/11/2023).

Batang - Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) UNDIP Batang merintis desa wisata melalui Expo UMKM dan Pamer Budaya asli Desa Tumbrep, di depan PSDKU UNDIP Batang, Kabupaten Batang, Sabtu (4/11/2023).

Ketua Pelaksana Expo UMKM dan Pamer Budaya Ropinov Saputro mengatakan, hari ini PSDKU UNDIP Batang meresmikan desa wisata berbentuk Expo UMKM setiap minggunya yang berjumlah ada 20 stand asli masyarakat Desa Tumbrep.

“Selain itu, ada pamer budaya untuk mengiringi budaya Desa Tumbrep yakni kuda lumping yang nanti akan dikolaborasikan dengan desa-desa sebelah, agar ke depan bisa dibentuk konsorsium desa wisata,” jelasnya.

Kegiatan ini sebagai inovasi bagi dosen-dosen UNDIP bisa mencurahkannya disini ide pemikirannya karena akan dibuka setiap minggu.

“Hadirnya desa wisata Tumbrep bertujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah dan tentunya bisa membantu kesejahteraan masyarakatnya,” tuturnya.

Melihat potensi di Desa Tumbrep ini sangat emas sekali, karena merupakan jalur utama dari Kabupaten Batang ke arah Wisata Dieng serta ada potensi produk asli desa yang bisa diangkat menjadi UMKM contohnya salad buah, tapi belum kita namakan menunggu izinnya sekalian.

“Produk yang disediakan di Expo UMKM dan Pamer Budaya asli Desa Tumbrep murni dari nol hingga selesai yang dibuat oleh para masyarakat yang dijual disini,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi dan Umum Setda Batang Sugeng Sudiharto mengatakan, kegiatan ini wujud nyata kolaborasi Pemkab Batang dengan PSDKU UNDIP dalam mengangkat potensi UMKM dan budaya asli desa tumbrep.

“Pemkab Batang memberikan dukungan dan semangat bagi UMKM desa agar terus berkembang dan bersaing secara global,” terangnya.

Jika mempunyai kesulitan berizin berusaha nantinya bisa melapor ke Disperindagkop Kabupaten Batang agar bisa dibantu persyaratannya.

Ia berharap, Expo UMKM dan Pamer Budaya asli Desa Tumbrep menjadi motivasi bagi UMKM meningkatkan kualitas produk dengan mencari terobosan baru dan pengoptimalan pemasaran dengan platform digital. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)