Home / Berita / Kegiatan Keagamaan / DENGAN BACA AL-QUR'AN, KEMENAG BATANG AJAK ROHIS JADI PELOPOR KEBAIKAN

Berita

Dengan Baca Al-Qur'an, Kemenag Batang Ajak ROHIS Jadi Pelopor Kebaikan

Batang - Dalam rangka Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Rohani Islam (ROHIS) Batang mengadakan kegiatan silaturahmi di Aula SMK N 1 Kandeman, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Kamis (5/10/2023).

Batang - Dalam rangka Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Rohani Islam (ROHIS) Batang mengadakan kegiatan silaturahmi di Aula SMK N 1 Kandeman, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Kamis (5/10/2023).

Kegiatan silaturahmi diikuti oleh 188 pelajar SMA/SMK dari Kabupaten Batang dan Kota Pekalongan dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang merupakan suatu upaya untuk membangun silaturahmi, memperkuat solidaritas, dan melatih anggota ROHIS dalam menyelenggarakan event besar.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Batang Akhmad Farkhan, mengatakan, maraknya tindakan kekerasan dalam dunia pendidikan. Ia menekankan pentingnya membaca Al-Qur'an sebagai upaya untuk membentengi diri dari hal-hal negatif dan kurang baik.

“Program khotmil Quran dapat menjadi rutinan di berbagai sekolah, dan anggota ROHIS menjadi pelopor kebaikan serta tauladan bagi pelajar di sekolah masing-masing,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, bahwa akhir ini banyak tindakan kekerasan dalam dunia pendidikan yang terjadi di berbagai daerah. Dengan membaca Al-Qur'an akan membentengi diri dari berbagai hal yang kurang baik tersebut.

“Maraknya kasus kekerasan dalam dunia  pendidikan menjadi salah satu perhatian dari semua pihak. Saya minta anggota ROHIS harus dapat membentengi diri kita dari hal yang kurang baik dengan membiasakan membaca Al-Quran,” tegasnya.

Ia berharap, agar program khotmil quran dapat menjadi rutinan di berbagai sekolah. Anggota ROHIS menjadi pelopor dan menjadi tauladan bagi pelajar di sekolah masing-masing.

Sementara itu, pembina ROHIS Batang Nurul Hikmah mengungkapkan, bahwa kegiatan ini bertujuan membangun silaturahmi antara anggota ROHIS Kabupaten Batang dan Kota Pekalongan.

“Kegiatan ini dirancang untuk memperkuat silaturahmi dan melatih anggota dalam menyelenggarakan event besar,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu peserta Sauqi Dimas Saputra menyampaikan, bahwa kegiatan ini dapat menjadi langkah awal yang baik dalam membangun solidaritas dan kolaborasi yang lebih erat antar anggota ROHIS di Kabupaten Batang dan Kota Pekalongan.

“Kegiatan ini memberi kesempatan bagi kami untuk memperluas jaringan, belajar dari pengalaman sesama anggota ROHIS, dan menggali potensi diri dalam kebaikan,” ujar dia.

Ia juga berharap, semoga melalui silaturahmi ini, kami dapat menjadi lebih baik dalam berinteraksi dan bersinergi. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)