Home / Berita / Pembangunan / SEORANG WARGA GRINGSING GUNAKAN DANA PRIBADI RP1 MILYAR DEMI LEBARKAN JALAN DESA

Berita

Seorang Warga Gringsing Gunakan Dana Pribadi Rp1 Milyar Demi Lebarkan Jalan Desa

Batang - Akses jalan yang menghubungkan Desa Lebo dengan Desa Gringsing dan Desa Krengseng Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang terbilang sempit. Lebarnya hanya 3 meter. Dua mobil tidak bisa lewat jika saling bersimpangan.

Batang - Akses jalan yang menghubungkan Desa Lebo dengan Desa Gringsing dan Desa Krengseng Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang terbilang sempit. Lebarnya hanya 3 meter. Dua mobil tidak bisa lewat jika saling bersimpangan.

Melihat permasalahan itu Habe Rasiman warga setempat berinisiatif melebarkan jalan kampung dengan uang pribadinya sendiri. Total dana yang dikeluarkan sebesar Rp1 milyar untuk pelebaran jalan tersebut.

“Pelebaran jalan ini memang inisiatif dari saya sendiri, untuk simpangan mobil enggak bisa. Dengan tukang sayur saja harus berhenti,” katanya saat ditemui di Jalan Desa Lebo, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Kamis (18/5/2023).

Kondisi jalan ini memang masih bagus tapi lebarnya hanya 3 meter saja. nantinya bila pengerjaan tuntas lebar jalan menjadi 5 meter dengan panjang 10 Km.

Ia mengatakan, punya ide pelebaran jalan ini dari lebaran tahun lalu, yang mana memang jalan ini sebagai akses lewat saya sendiri.

“Jalan itu akan dicor dengan semen pada sisi sebelah kanan dan kiri dengan biaya sebesar Rp1 milyar,” jelasnya.

Antusias masyarakat setempat sangat senang sekali, dan mereka juga mengeluarkan jaburan seperti makanan dan minuman untuk pekerja secara swadaya.

“Pelebaran ini juga ada dukungan dari Pemerintah Kabupaten Batang yang meminjamkan alat berat agar cepat selesai,” terangnya.

Adanya hal ini bisa membantu pembangunan Desa Lebo dan dapat membantu Pemerintah juga mumpung masih diberikan rejeki banyak.

Ia juga menyampaikan, berinisiatif untuk melebarkan jalan, karena desa yang maju bisa dilihat dari Jalan yang bagus.

Sementara itu, Kepala Desa Lebo Jahidin mengatakan, bahwa benar Habe Rasiman secara inisiatif sendiri melakukan pelebaran jalan merogoh koceknya.

“Saya mewakili masyarakat sangat berterima kasih telah dibantu membangun kemajuan Desa Lebo yang memang akses jalannya sempit, sekarang dalam rangka pelebaran nantinya mobil bisa bersimpangan,” ujar dia.

Tidak hanya itu, Habe Rasiman memang terkenal dermawan di lingkungan masyarakat, karena sudah membantu biaya pembangunan masjid juga. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)