Home / Berita / IKM UKM UMKM / PEMUDA ASAL BATANG BUAT MINIATUR TRUK BERNILAI PULUHAN JUTA

Berita

Pemuda Asal Batang Buat Miniatur Truk Bernilai Puluhan Juta

Batang - Agus Saluyo pemuda asal Desa Sukomangli, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang berawal dari hobinya dengan kendaraan angkutan barang atau truk, Berhasil membuat miniatur truk sekarang menjadi bisnis yang menguntungkan.

Batang - Agus Saluyo pemuda asal Desa Sukomangli, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang berawal dari hobinya dengan kendaraan angkutan barang atau truk, Berhasil membuat miniatur truk sekarang menjadi bisnis yang menguntungkan.

“Memang sudah menjadi hobi dari dulu, terus awalnya buat satu dan ada yang membeli dijual dengan harga Rp100 Ribu, lalu iseng-iseng buat lagi dan lanjut dijual ke marketplace ternyata laku keras, dari online maupun offline,” katanya saat ditemui di Rumahnya, Rabu (28/12/2022).

Dengan label Aden Miniatur Production, berbagai miniatur truk telah diciptakan dengan nilai jual cukup tinggi mulai dari Rp150 ribu hingga Rp20 juta. Bahkan dalam satu bulan, bisnis miniatur itu bisa beromzet Rp20 juta, yang membuat mahal adalah bahan baku menggunakan kayu jati.

Rangka dan Bodi dalam membuat miniatur truk, Ia memakai skala 12,14, hingga 28 dan bahan baku yang digunakan yakni triplek, kabin PVC, kayu jati.

“Bahan bakunya berasal ada yang dari limbah, jika sulit dicari atau pas tidak ada ya beli. Dalam sehari bisa membuat tiga miniatur truk minimalis. Kalau yang agak rumit misal yang harganya puluhan juta itu cukup lama membuatnya bisa berbulan-bulan,” jelasnya.

Tidak hanya miniatur truk, Aden Miniatur Production juga memproduksi berbagai miniatur lainnya seperti gerobak, lemari, sound dan lain sebagainya.

Tidak sedikit pembeli miniatur yang datang langsung ke rumah produksi, seperti Malikin. Ia datang untuk membelikan miniatur truk yang diinginkan putranya.

“Truk oleng saat ini kan masih viral, masih musimnya, anak saya juga tertarik dan ingin beli, tau informasi dari teman kalau di Desa Sukomangli ada yang bikin ya langsung saja kesini,” ungkapnya.

Ia pun sering merekomendasikan pelanggannya untuk memesan miniatur truk dengan harga Rp500 ribu, menurutnya harga tersebut sesuai dengan kualitas.

“Dengan harga yang lumayan mahal, tetapi hasilnya sesuai dengan kualitas yang bagus,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)