Home / Berita / Seni dan Budaya / SANGGAR BUDAYA ABDI LARAS MENYIAPKAN MENTAL TAMPIL DI TMII

Berita

Sanggar Budaya Abdi Laras Menyiapkan Mental Tampil di TMII

Sanggar Budaya Abdi Laras menampilkan sebuah tarian khusus yang menceritakan tentang Babat Alas Roban dalam rangka menghibur para tamu undangan Halal Bi Halal. Menurut Agus Efendi seorang guru salah satu SMK swasta di Kecamatan Bawang sekaligus penanggungjawab sanggar tersebut, penampilan mereka kali ini juga sebagai langkah persiapan mental dalam rangka Pentas Duta Seni di TMII mewakili Jawa Tengah .

“Kami diundang untuk memberikan penampilan terbaik kepada Wakil Bupati Batang Suyono dan seluruh tamu undangan sekaligus menunjukkan kesiapan mental para pemain sebelum pentas ke TMII,” kata Agus yang ditemui usai menunjukkan kemahiran para anak didiknya mempersembahkan tari Barat Alas Roban, di Taman Hiburan Rakyat (THR) Kramat Kabupaten Batang, Jum’at (14/7).

Agus mengatakan sebuah kebanggaan dapat mewakili Jawa Tengah mengikuti Lomba Duta Seni di TMII. Sebelumnya Sanggar Budaya Abdi Laras memang sudah sering melakukan parade diantaranya juara 1 Piala Bupati dan Disparpora, pementasan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kendal dan Hari Jadi Bupati Tegal Entus Susmono.

“Babat Alas Roban menceritakan tatkala Ki Bahurekso memerintahkan kepada prajurit untuk melakukan pembukaan Alas Roban untuk dijadikan lumbung padi. Namun mereka harus menghadapi para setan penunggu Alas Roban, yang akhirnya pertempuran tersebut dimenangkan oleh prajurit utusan Ki Bahurekso,” terang Agus.

Agus menambahkan para pemain yang tergabung dalam sanggar tersebut didominasi oleh para pelajar, mulai dari tingkat SD hingga SMA. Yang masih menjadi kendala adalah sarana prasarana, seperti pakaian untuk pentas, alat musik dan dana untuk operasional.

“Selama ini uang yang didapat dari “ngamen” / pentas dikumpulkan untuk membeli peralatan, jadi kami mohon pemerintah Kabupaten Batang terutama yang berwenang di bidang kesenian supaya memfasilitasi,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Bambang Supriyanto mengatakan nantinya Sanggar Budaya Abdi Laras akan kami bawa ke TMII untuk mengikuti Lomba Duta Seni mewakili Provinsi Jawa Tengah pada 27 Agustus 2017.

“Sedangkan THR Kramat sekarang sudah semakin diminati masyarakat sebagai tempat hiburan dan liburan, kami terus menyempurnakan sarana prasarana pendukung agar para pengunjung semakin nyaman, seperti pembuatan kolam arus dan pemasangan atap kolam renang,” pungkasnya. (Heri/McBatang)