Home / Berita / Pemilu / KPU BATANG TARGETKAN, LIPAT SUARA 6 HARI RAMPUNG

Berita

KPU Batang Targetkan, Lipat Suara 6 Hari Rampung

Batang - Penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 terus dikebut oleh KPU Kabupaten Batang yang sudah sampai surat suara DPRD Kabupaten.

BatangPenyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 terus dikebut oleh KPU Kabupaten Batang. Saat ini yang disortir dan dilipat  surat suara DPRD Kabupaten.

“Penyortiran dan pelipatan kami menargetkan selesai sebelum 24 Januari 2024, jika dihitung dari sekarang ditargetkan 6 hari rampung,” kata Ketua KPU Batang Susanto Waluyo saat ditemui usai meninjau di Gudang Logistik KPU Batang, Kabupaten Batang, Kamis (18/1/2024).

Mudah-mudahan sebelum tanggal itu, sortir dan melipat surat suara bisa selesai lebih dahulu supaya tepat waktu dengan penyelesaian logistik yang lainnya. Penyortiran dan melipat  fokus dilakukan KPU untuk menentukan mana yang layak dan tidak, agar jika ada kerusakan bisa segera dilaporkan KPU Pusat.

“Penyortiran dilakukan dengan metode kelompok dengan diawasi oleh satu pengawas dari KPU Batang. Contohnya satu kelompok menyortir khusus surat suara DPRD Kabupaten Dapil 3 Batang,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, KPU Batang menempatkan beberapa petugas sebagai pengawas yang menjadi tempat bertanya, bagi mereka yang ragu-ragu dalam hal menyortir dan melipat surat suara jika ada yang kurang jelas, maka mereka dapat menanyakan langsung kepada para pengawas yang ada disini.

Susanto juga mengimbau, agar petugas sortir lipat surat suara mensterilkan lokasi penyortiran dan pelipatan surat suara, yaitu menjaga kebersihan dari makanan dan minum, serta abu rokok. Para petugas juga dilarang mengambil gambar surat suara, apalagi menyebarkannya melalui media sosial, sehingga petugas dilarang memegang gawai selama bekerja.

“Kondisi dalam menentukan surat suara yang layak dan tidak itu dengan mengintruksikan kepada petugas harus melihat secara cermat surat suara yang sobek, dan ada noda hitam menutupi nama caleg atau menutup disalah satu partai politik karena tinta,” terangnya.

Jumlah keseluruhan surat suara yang rusak masih kami rekap, supaya nanti pelaporan ke Provinsinya bisa sekaligus semua.

“Tinggal nanti setelah selesai disortir dan melipat peletakan surat suara disesuaikan tempat yang sudah ditentukan masing-masing peruntukannya supaya tidak ada kesalahan,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)