Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / PEMKAB BATANG BERIKAN OPERASI BIBIR SUMBING GRATIS

Berita

Pemkab Batang Berikan Operasi Bibir Sumbing Gratis

Batang - Sebanyak 15 anak dari keluarga kurang mampu, mendapatkan pelayanan operasi bibir sumbing dan celah langit secara gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batang, Kabupaten Batang, Sabtu (21/10/2023).

Batang - Sebanyak 15 anak dari keluarga kurang mampu, mendapatkan pelayanan operasi bibir sumbing dan celah langit secara gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batang, Kabupaten Batang, Sabtu (21/10/2023).

Pelayanan operasi gratis ini digelar oleh yayasan permata sari bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Batang.

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, hari ini memantau pelaksanaan pelayanan operasi bibir sumbing dan celah langit atas inisiatif yayasan permata sari dengan Pemkab Batang.

“Inisiatif bukan hanya sekedar tindakan medis operasi saja, tetapi juga memberikan harapan baru dan senyuman yang tidak ternilai bagi anak-anak,” jelasnya.

Kegiatan ini telah membawa perubahan besar dalam kehidupan anak-anak yang terlahir dengan kelainan. Pelayanan operasi bibir sumbing dan celah langit dilakukan selama sehari dan besok sudah boleh pulang.

“Pendataan anak-anak yang mempunyai kelainan ini kami dibantu oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Batang,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, bahwa pelaksanaan operasi tadi semua berjalan lancar, dokter-dokternya luar biasa sebagian dari Jakarta termasuk dokter spesialis bedah anatesi khususnya bedah plastik.

Ia berharap, ke depan ada inisiatif kembali dari yayasan permata sari untuk mengadakan pelayanan operasi bibir sumbing dan celah langit secara gratis.

Sementara itu, Ketua Yayasan Permata Sari Endang mengatakan, yayasan kami memang setiap bulan memberikan operasi gratis untuk bibir sumbing dan celah langit.

“Biasanya melakukan operasi ini di Rumah Sakit sendiri, tapi hari ini datang ke RSUD Batang untuk mendekatkan diri supaya mereka tidak usah dibawa ke tempat yang jauh-jauh,” terangnya.

Karena hasil operasinya juga sama dilakukan oleh dokter bedah plastik supaya lebih efisien dan efektif saja.

Menurutnya, program ini tak hanya mengubah senyum fisik anak-anak dan akan memberikan dampak kepercayaan anak pada masa yang akan dating, supaya menginspirasi generasi yang lebih kuat, mandiri, dan penuh semangat berjuang bagi bangsa.

Apalagi, lanjut dia, dampak dari segi kesehatan pasti setiap makan akan tersedak jadi gizinya kurang. Hal ini akan mengurangi perkembangan organ lain yang tumbuh.

“Kuota anak yang dioperasi sebetulnya tidak ada batasan hanya 15 anak saja. Kami memeroleh data yang diberikan TKSK Kabupaten Batang sementara hanya segitu,” pungkasnya (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)