Home / Berita / Pelayanan Publik / DATANGKAN NAKES, MABES NURUL HUDA PASTIKAN JEMAAH SEHAT

Berita

Datangkan Nakes, Mabes Nurul Huda Pastikan Jemaah Sehat

Batang - Pengurus Masjid Besar (Mabes) Nurul Huda Proyonanggan Tengah berupaya mewujudkan umat Islam yang kuat sesuai perintah Rasulullah Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam, dengan menggelar pemeriksaan kesehatan gratis, menggandeng Puskesmas Batang 1.

Batang - Pengurus Masjid Besar (Mabes) Nurul Huda Proyonanggan Tengah berupaya mewujudkan umat Islam yang kuat sesuai perintah Rasulullah Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam, dengan menggelar pemeriksaan kesehatan gratis, menggandeng Puskesmas Batang 1.

Usai pelaksanaan salat Jumat berjamaah, ratusan kaum pria berduyun-duyun memeriksakan diri, untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuhnya.

Sekretaris Takmir Masjid Besar Nurul Huda Rizal Fahmi mengatakan, pengurus berinisiatif memberikan pelayanan kesehatan, agar jamaah salat Jumat mengetahui kondisi kesehatannya. Apabila ada keluhan yang dirasakan dapat segera disampaikan atau mendapatkan saran pemeriksaan lebih lanjut oleh tenaga kesehatan.

“Pemeriksaan yang diberikan mulai cek tekanan darah dan gula darah. Pengunjungnya ada remaja, tapi didominasi dewasa dan manula, bahkan kaum ibu pun ikut datang untuk dicek kesehatannya,” katanya, usai mendampingi jemaah menjalani pemeriksaan kesehatan, di halaman Masjid Besar Nurul Huda Proyonanggan Tengah, Kabupaten Batang, Jumat (25/8/2023).

Kegiatan tersebut merupakan yang pertama kalinya. Nantinya akan dirutinkan setelah melihat respons positif jemaah yang datang.

“Mayoritas yang diperiksa jemaah dari luar kota, karena sebelumnya sudah diinformasikan beberapa hari lalu,” jelasnya.

Salah satu jemaah salat Jumat, Ali Sutrisno menyambut baik program tersebut karena membantu jemaah mengetahui kondisi kesehatannya secara rutin.

“Tadi sudah dicek tekanan darah karena seringkali mengalami tekanan darah rendah. Kalau bisa ini dirutinkan sebulan sekali setiap selesai salat Jumat itu malah bagus sekali,” harapnya.

Sementara itu, Petugas kesehatan Puskesmas Batang 1, Kasim menerangkan program ini merupakan yang kedua. Sebelumnya sudah digelar terlebih dahulu di Masjid Sambong.

“Antusias pengunjung sangat tinggi, hampir mencapai 100 pasien. Bahkan banyak pula yang datang dari luar Kota Batang,” terangnya.

Mayoritas pengunjung mengalami tekanan darah tinggi dan gula darah cukup tinggi. Dengan rentang usia 40 tahun ke atas.

“Ini juga bagian dari tugas bidang Promosi Kesehatan untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, terbebas dari penyakit tidak menular, melalui program Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu),” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)