Home / Berita / Sosial / PERAN PPI DALAM KESUKSESAN PASKIBRAKA

Berita

Peran PPI Dalam Kesuksesan Paskibraka

Batang - Di hari kemerdekaan tahun ini tampaknya mulai adanya kelonggaran dalam beberapa kegiatan, penurunan yang sangat drastis dari penularan Covid-19 ini menjadikan acara hari kemerdekaan RI tahun ini lebih meriah.

Batang -  Di hari kemerdekaan tahun ini tampaknya mulai adanya kelonggaran dalam beberapa kegiatan, penurunan yang sangat drastis dari penularan Covid-19 ini menjadikan acara hari kemerdekaan RI tahun ini lebih meriah.

Khususnya di Kabupaten Batang untuk tahun ini pengibaran Sang Saka Merah Putih yang sebelumnya peserta terbatas dan bertempat di pendopo Kabupaten Batang sekarang untuk tahun ini bertempat di Alun-alun Batang dengan formasi Paskibraka penuh.

Dibalik kesuksesan pengibaran bendera oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), ada tim dibalik layar yang membantu dalam persiapan Pengibaran yaitu Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Batang.

Mereka adalah organisasi yang terbentuk dari Alumni Paskibraka yang sudah bertugas.

“Jadi kami ini dalam pengibaran adalah yang membantu dalam hal teknis untuk persiapan termasuk seleksi, latihan hingga kegiatan pengibaran setidaknya bisa membantu tim pelatih dalam agenda pengibaran bendera. Kami berusaha supaya adik-adik Paskibraka ini terbentuk mental dan sikap di masyarakat nantinya,” kata Anisa Kartika Sari salah satu pengurus PPI, usai mendampingi kegiatan anggota Paskibraka, di Hotel Dewi Ratih, Kabupaten Batang, Rabu (17/8/2022).

Ia berharap ke depan dalam persiapan Paskibraka dapat dilakukan lebih baik termasuk sarana dan prasarana.

“Ya mungkin dari kami ada sedikit usul atau masukan demi kemajuan Paskibraka di Kabupaten Batang, Harus duduk bersama semua stakeholder yang menaungi Paskibraka membahas terkait standarisasi kegiatan ini dari segi sarana prasarana maupun teknisnya,” harapnya.

Pada kegiatan tahun depan organisasi PPI ini diberikan tempat untuk memberikan masukan terkait persiapan baik tentang sarana prasarana ataupun anggaran agar semua berjalan secara maksimal baik dalam persiapan menuju 17 Agustus ataupun kegiatan pengibaran

Pelatih Paskibraka Serka Al Amin dari Kodim 0736 Batang mengapresiasi peran PPI yang sangat membantu pelatih dalam persiapan.

“Mereka mendampingi secara keseluruhan proses latihan walau latihan tahun ini termasuk sempit hanya 10 hari tetapi alhamdulillah lancar,” ungkapnya.

Ia berharap, ke depan kegiatan Paskibraka berjalan lebih maksimal termasuk tidak ada lagi kurang komunikasi antara instansi terkait dengan tim di lapangan. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)