Home / Berita / Sosial / RAYAKAN 44 TAHUN SMAN 1 BATANG, PELAJAR BAGIKAN SEMBAKO

Berita

Rayakan 44 Tahun SMAN 1 Batang, Pelajar Bagikan Sembako

Batang Sejumlah pelajar membagikan sembako kepada kaum kurang mampu yang membutuhkan di sekitar lingkungan sekolah serta beberapa panti asuhan di Kota Batang, sebagai bentuk kepedulian sosial, sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun Ke-44 SMAN 1 Batang.

Batang Sejumlah pelajar membagikan sembako kepada kaum kurang mampu yang membutuhkan di sekitar lingkungan sekolah serta beberapa panti asuhan di Kota Batang, sebagai bentuk kepedulian sosial, sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun Ke-44 SMAN 1 Batang.

Ketua OSIS SMAN 1 Batang, Galih Rayhan Azikran mengatakan, di masa sulit setelah adanya pandemi ini para pelajar tetap ingin membantu meringankan beban ekonomi warga, namun tetap dapat merayakan Hari Ulang Tahun sekolah.

“Caranya ya dengan membagikan sembako. Masyarakat terbantu, pelajar SMA 1 juga bisa bermanfaat bagi sesama,” katanya, usai membagikan paket sembako, di Panti Asuhan Putra Bakti, Dracik Kampus, Proyonanggan Selatan, Kabupaten Batang, Rabu (13/4/2022).

Bantuan yang diberikan berupa beras sebanyak 205 kilogram, gula pasir 205 kilogram, mie instan 1.800 bungkus, teh 900 bungkus.

“Bantuan langsung didistribusikan kepada warga kurang mampu RT 1 dan 2 serta Panti Asuhan Raudlotul Mahbubin dan Panti Asuhan Putra Bakti,” tuturnya.

Bantuan ini merupakan hasil donasi dari seluruh pelajar dengan cara, tiap anak diminta membawa ¼ kilogram beras, ¼ kilogram gula dan 2 bungkus mie instan serta 1 bungkus teh.

Ia mengharapkan, para pelajar khususnya yang secara ekonomi kurang mampu, tetap memiliki semangat belajar yang besar, karena di masa sekarang dapat melanjutkan jenjang pendidikan dengan memanfaatkan beasiswa.

Sementara itu, Ketua Panti Asuhan Putra Bakti, Hidayah mengutarakan, anak asuh yang berada di bawah naungan tidak hanya mereka yang tinggal dalam panti saja, tetapi banyak anak asuh yang tersebar dan tinggal di rumah masing-masing, yang membutuhkan uluran tangan.

“Anak asuh kami yang di luar panti sebanyak 272 anak dan fakir miskin 256 orang. Insyaallah bantuan dari adik-adik siswa dari SMA 1 Batang ini sangat bermanfaat,” jelasnya.

Ia menerangkan, panti ini merupakan penyalur saja dari tiap bantuan yang diberikan.

“Di masa Pandemi ini sangat berpengaruh pada kami. Jika sebelumnya ada 37 anak dalam panti, sekarang tinggal 18 anak. Karena yang lain kembali ke rumah masing-masing, semoga pandemi cepat berlalu,” ungkapnya.

Kepala SMAN 1 Batang, Sukalim menambahkan, gerakan ini diinisiasi oleh anak-anak yang didasari ingin berbagi kepada mereka yang membutuhkan terutama bertepatan momentum bulan Ramadan.

“Selain itu juga anak-anak ingin merayakan ulang tahun sekolah, tapi dengan cara yang lebih mengedepankan jiwa sosial,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)