Home / Berita / Sosial / DISHUB BATANG CEK KESIAPAN ARMADA BUS LEBARAN

Berita

Dishub Batang Cek Kesiapan Armada Bus Lebaran

Batang - Dinas Perhubungan (Dishub) Batang melakukan pengecekan rem pada kendaraan untuk menjamin keselamatan pemudik saat menggunakan moda transportasi Bus di Kantor Armada PT. Paksi Jaya Abadi, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Selasa (14/4/2022).

Batang - Dinas Perhubungan (Dishub) Batang melakukan pengecekan rem pada kendaraan untuk menjamin keselamatan pemudik saat menggunakan moda transportasi Bus di Kantor Armada PT. Paksi Jaya Abadi, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Selasa (14/4/2022).

Kepala bidang Angkutan Perhubungan Dishub Batang Bambang Hermawan mengatakan,  bahwa dinas Perhubungan melakukan jemput bola untuk pengecekan kelayakan armada Bus yang digunakan sebagai kendaraan mudik. Pengecekan dimulai dari rem, lampu sein, Wipper, Alat Pemecah Kaca, Tabung Pemadam Kebakaran, Kotak Kesehatan dan Kondisi Ban.

“Kemudian, tidak lupa mengecek kelengkapan surat-surat supir bus dan juga kesehatan untuk sebagai kesiapan angkutan lebaran. Tinggal kesiapan kesehatan di dalam bus yang harus dipersiapkan oleh armadanya,” jelasnya.

Keseluruhan armada bus sebagai angkutan lebaran ada 100 armada dengan 12 pemilik atau PT.

“Dishub Batang siap menyukseskan program pemerintah terkait perizinan mudik menjelang perayaan lebaran,” tuturnya.

Sementara itu, Kanit Patroli Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Batang Ipda Danang Primayanto mengatakan, pada kesempatan ini kita mendampingi Dishub Batang dalam melakukan pengecekan rem armada bus lebaran.

“Saya mengimbau kepada pengemudi khususnya yang membawa armada bus, apabila perjalanan jarak jauh utamakan keselamatan bagi diri sendiri maupun orang lain. Kalau tidak harus ada supir cadangan, karena pasti stamina berkurang misalkan perjalanan Jakarta ke Surabaya,” tegasnya.

Untuk pengemudi waktu di jalan harus mengikuti rambu-rambu lalu lintas seperti pengalihan arus yang biasa ada waktu mudik lebaran karena padatnya kendaraan.

Tadi, lanjut dia, kita juga melakukan pengecekan surat-surat seperti (Surat Izin Mengemudi) SIM serta Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan juga kartu vaksinasi yang diwajibkan pengemudi armada bus harus sudah Booster.

Sementara Owner Armada Bus PT. Paksi Jaya Abadi Bambang Yuwono menyampaikan ucapan  terima kasih kepada Dishub Batang dan Satlantas Polres Batang yang telah melakukan pengecekan kendaraannya.

Pada intinya kami sangat senang adanya perhatian dari pemerintah daerah kepada armada bus yang dilakukan pengecekan.

“Total armada bus kami ada 14 bus, tetapi yang aktif digunakan ada 12 bus yang sesuai kelayakan keselamatan agar menjamin penumpang sampai tujuan dengan selamat,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)