Home / Berita / Sosial / TINGKATKAN KOMPETENSI, KODIM BATANG GELAR LATNISTER

Berita

Tingkatkan Kompetensi, Kodim Batang Gelar Latnister

Batang - Kodim 0736/Batang mengelar kegiatan Latihan Teknis Teritorial (Latnister) TA 2022 untuk meningkatkan kompetensi prajurit di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Rabu (23/3/2022).

Batang - Kodim 0736/Batang mengelar kegiatan Latihan Teknis Teritorial  (Latnister) TA 2022 untuk meningkatkan kompetensi prajurit di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Rabu (23/3/2022).

Latnister dilaksanakan guna untuk mengingat, memelihara dan meningkatkan kemampuan teknik bagi para prajurit yang berdinas di satuan kewilayahan atau satuan teritorial, dengan tujuan agar para prajurit dalam melaksanakan tugas teritorial dapat profesional dan mengetahui Tupoksinya (Tugas Pokok dan Pungsinya).

Dandim 0736/Batang Letkol Arh Yan Eka Putra diwakili Kapten Inf Sugito Selaku Komandan Latihan menyampaikan, Latnister tahun ini mengambil materi yang dititik beratkan pada materi ketatalaksanaan Pembinaan Teritorial (Binter) meliputi kegiatan pengumpulan data teritorial, analisa kejadian, menyusun rencana dan laporan kegiatan Binter dan dilanjutkan kegiatan praktik.

“Kita berharap sekali, seluruh peserta agar melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat,” tegasnya.

Ia menambahkan, sebagai Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil), anggota Kodim 0736/Batang, harus mampu dan profesional dalam melaksanakan tugas-tugas Binter dengan baik, serta harus dapat memahami dan mampu menerapkan sikap dan perilaku sebagai aparat teritorial.

Tim Pengawas Latihan (Waslat) dari Korem  071/ Wijaya Kusuma juga memberikan arahan dan ilmu bagi para prajurit Kodim 0736/Batang dalam memahami tugas pokok Aparat Teritorial.  

“Kita sebagai Komando kewilayahan harus dapat memanfaatkan SDM dan SDA dan sumber daya lainnya guna membantu tugas saat negara dalam keadaan genting. Oleh karena itu, sumber daya yang ada di wilayah harus kita bina dan selalu disiapkan guna kepentingan pertahanan negara,” ujar dia.

Materi yang dipertajam kali ini pengumpulan data teritorial (Data Geo, Demo, Komsos).   Seperti aspek geografi adalah tanggap bencana, pembinaan rakyat terlatih, bagaimana kita merekrut komponen cadangan, Linmas, Wanra, Pramuka Sakawira dan pemanfaatan Kondisi alam. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)