Home / Berita / Pemerintahan / 544 MAHASISWA IAIN PEKALONGAN KKN DI BATANG

Berita

544 Mahasiswa IAIN Pekalongan KKN di Batang

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang menerima peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebanyak 544 mahasiswa dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Acara tersebut diselenggarakan di pendopo Pemkab Batang kamis 6 oktober 2016, penerimaan mahasiswa KKN diterima oleh Staf ahli Bupati Batang Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Mukhlasin.

Maghfur selaku panitia KKN dalam laporannya mengatakan mahasiswa KKN IAIN Pekalongan ini bertujuan untuk melaksanakan tridharma perguruan tinggi secara sinergi dalam rangka untuk mempersiapkan calon sarjana yang mampu melakukan kerja-kerja perubahan sosial di masyarakat secara partisipatoris. Mengembangkan pola pemberdayaan masyarakat secara kolaboratif antara mahasiswa, dosen, masyarakat dan pemerintah. Mengembangkan ilmu-ilmu keislaman transformatif, mewujudkan terjadinya perubahan sosial di masyarakat yang terukur dan berkelanjutan.

Kuliah Kerja Nyata mengambil tema “KKN Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid” ini merupakan KKN tematik yang bertujuan membentuk, menginisiasi dan mengembangkan keberdayaan masyarakat melalui masjid. Dan KKN secara bersama-sama kita belajar mengenali dan mengatasi masalah yang dihadapi umat dalam bidang agama, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lingkungan sebagai upaya memperbaiki kualitas sumber daya manusia dan sebagai percepatan pencapaian tujuan dan sasaran tandas Magfur.

Dia menambahkan bahwa peserta KKN sebanyak 544 terdiri dari 151 laki-laki dan perempuan 393 kemudian dosen pembimbing lapangan 44 orang, pendamping desa 44 dan 3 orang dari kecamatan. Untuk pelaksanaan KKN selama 44 hari dimulai sejak 6 oktober -18 nopember 2016. Adapun lokasi KKN yakni di 3 kecamatan yakni Bawang, Reban dan Blado Kabupaten Batang yang dibagi dalam 44 desa lokasi KKN kata Maghfur.

Mukhlasin staf ahli Bupati Batang Bidang Kemasyarakatan dan SDM dalam sambutan mengatakan keberadaan perguruan tinggi sebagai pusat ilmu pengetahuan dan teknologi, diharapkan dapat turut mengubah kondisi sosial ekonomi masyarakat ke arah yang lebih baik. Perguruan Tinggi diharapkan bisa membawa masyarakat ke arah kemajuan dan menjadikan motivasi tersendiri bagi masyarakat dalam meningkatkan Taraf hidup dan kesejahteraannya.

Saya menyambut gembira kehadiran Saudara-saudara dari Mahasiswa IAIN Pekalongan untuk melaksanakan KKN di Kabupaten Batang. Karena, sebagaimana telah saya sebutkan tadi, kehadiran Saudara saudara diharapkan bisa ikut berperan serta dalam pengabdian pada masyarakat, khususnya dalam pemberdayaan masyarakat melalui penguatan lembaga keagamaan Islam.

Kabupaten Batang merupakan daerah dengan tingkat religiusitas masyarakat muslim yang tinggi. Mayoritas penduduk Kabupaten Batang beragama Islam. Salah satu buktinya adalah jumlah masjid dan mushola yang cukup banyak yang didukung pula oleh banyaknya madrasah diniyah, TPQ, madrasah ibtidaiyah, majelis taklim dan lain-lain. Selain itu, tingginya minat masyarakat Kabupaten Batang untuk beribadah haji ke Tanah Suci juga merupakan salah satu bukti tingginya tingkat religiusitas. Tahun ini tercatat jumlah jamaah haji Kabupaten Batang sejumlah 698 orang kata Mukhlasin.

Mukhlasin berharap peserta KKN ini bisa membawa masyarakat kearah hidup yang lebih baik dan berikanlah motivasi pada masayarakat untuk memperkokoh kesadaranya dalam kehidupan beragama, tingkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat dalam pengelolaan fungsi sarana ibadah, pendidikan agama dan dakwah.

Pada kesempatan tersebut Mukhlasin memakaikan jaket almamater IAIN Pekalongan kepada peserta mahasiswa KKN.