Home / Berita / Sosial / BANJIR LUMPUR RENDAM DUKUH CELONG BATANG

Berita

Banjir Lumpur Rendam Dukuh Celong Batang

Batang - Dukuh Celong, Desa Kedawung, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang terkena banjir disertai lumpur yang merendam sejumlah rumah warga dan menutup akses jalan menuju Pantai Celong. Banjir tersebut disebabkan oleh dampak pembangunan galian tanah Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang.

Batang, InfoPublik - Dukuh Celong, Desa Kedawung, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang terkena banjir disertai lumpur yang merendam sejumlah rumah warga dan menutup akses jalan menuju Pantai Celong.

Banjir tersebut disebabkan oleh dampak pembangunan galian tanah Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang.

Banjir yang disertai lumpur terjadi pada pukul 04.00 WIB dini hari pada hari Sabtu 6 Februari 2021. Warga bergotong-royong melakukan penanganan untuk membersihkan lumpur yang menutup akses jalan dan juga membersihkan rumah.

Demikian kata Kepala Desa Kedawung Akhmad Subekhi saat ditemui di Dukuh Celong, Desa Kedawung, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Sabtu (6/2/2021).

Dijelaskannya, banjir menyebabkan aktivitas warga terhambat dan juga merendam perabotan elektronik milik warga dan beberapa pintu rumah mengalami kerusakan karena derasnya air disertai lumpur.

Baru pertama kali ini dukuh kami terjadi banjir yang disertai lumpur sebelumnya belum pernah mengalami. Pengembang pembangunan KIT Batang harus ada tindakan pencegahan dan solusi jika kedepannya terjadi hujan deras seperti hari ini.

“Perabotan elektronik yang rusak seperti televisi, kulkas, dan yang lainnya sudah kami data untuk meminta ganti rugi kepada pengembang pembangunan KIT Batang,” tuturnya.

Sementara, Bupati Batang Wihaji juga meninjau secara langsung ke lokasi bersama Kapolres Batang dan Dandim 0736 Batang dan juga mengerahkan petugas pemadam kebakaran batang untuk menyemprot lumpur yang menutup akses jalan agar mengalir kesaluran air.

“Pemerintah Kabupaten Batang Alhamdulillah, tadi Wakil Bupati Suyono sudah menyalurkan bantuan berupa paket sembako kepada warga yang terdampak banjir,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)