Home / Berita / Pemerintahan / GUBERNUR GANJAR PRANOWO TINJAU LOKASI PEMBANGUNAN JALAN TOL BATANG

Berita

Gubernur Ganjar Pranowo Tinjau Lokasi Pembangunan Jalan Tol Batang

Batang – Kegiatan Roadshow Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Kabupaten Batang, Banjarnegara dan Wonosobo yang diawali di Kabupaten Batang dengan meninjau ruas jalan tol atau pembangunan jalan tol di desa pasekaran batang kemudian dilanjutkan ke desa gerlang Kabupaten batang menuju Batur Kabupaten Banjarnegara pada hari rabu 12 oktober 2016.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan untuk perkiraan pembebasan lahan tol ini  desember 2016 akan tuntas, dan sekarang bahwa tuntas itu dari pihak kontraktor nanti akan mencoba membereskan secepat mungkin. Tapi saya tidak terlalu optimis semua jadi tapi minimal sampai dengan lebaran nanti.

Ganjar menambahkan target lebaran kedepan itu fungsional, sudah bisa dipakai. Dan sekarang problem teknisnya adalah bagaimana membebaskan tanah-tanah ini, tapi alhamdulilah untuk semarang - batang ini lancar. Hanya ada satu saja yakni desa rowobelang batang, akan tetapi masyarakat rowobelang tersebut sudah setuju, cuma dia minta ingin menggunakan dan membeli tanahnya Pemprov Jawa Tengah. Dan sekarang di Pemprov sudah proses, prinsipnya kita menyetujui dan sedang di apresial nilainya sehingga nanti dalam satu komunitas mereka tidak terpisah. Jadi kalau rakyatnya sudah setuju dan kalau pemerintahnya diminta ya kita kasih saja.

Karena dibeli mereka maka kita kasih saja  agar mereka nyaman hidupnya karena mereka memberikan tanahnya  kepada negara yakni untuk pembangunan jalan tol. Dan sekarang kita tinggal menyiapkan, tadi ada yang bagus sekali dari tata pelaksana dari bina marga ini, yang menyampaikan bahwa sekarang yang dipersiapkan adalah jalur-jalur alternatif yang selama ini berproses, maka setiap kabupaten yang dilewati antara lain yang ada di kabupaten batang ini, jalan-jalan kabupaten nanti yang bisa digunakan untuk jalur alternatif mana saja tandas ganjar.

Dalam minggu ini nanti tim baik kepolisian, pemprov dan yang terkait untuk mengecek satu persatu yang harapanya sudah ditemukan bahwa ini jalur-jalur alternatif yang nanti bisa dipakai. Dan kalau itu sudah maka kondisi jalanya seperti apa dan nanti akan kita bagi kabupaten bertanggungjawab pada jalan-jaan itu sehingga nanti kalau itu dipakai jalur-jalur darurat itu minimal bisa dilalui benar dan bahwa pembangunan jalan tol ini relatif progresnya bagus tandas ganjar.

Hadir pada kegiatan tersebut Gubernur Ganjar Pranowo bersama rombongan provinsi jateng, Wakil Bupati Batang Soetadi, Sekda Batang Nasikhin, Kapolres Batang, kepala BPN Batang dan para SKPD Pemkab Batang.