Home / Berita / Teknologi / BAPELITBANG BATANG GELAR KRENOVA 2020

Berita

Bapelitbang Batang Gelar Krenova 2020

Batang - Bapelitbang Kabupaten Batang menggelar Kegiatan Lomba Kreativitas Dan Inovasi Masyarakat (Krenova), di Ruang Ujungnegoro Bapelitbang Kabupaten Batang, Selasa (27/10/2020).

Batang - Bapelitbang Kabupaten Batang menggelar Kegiatan Lomba Kreativitas Dan Inovasi Masyarakat (Krenova), di Ruang Ujungnegoro Bapelitbang Kabupaten Batang, Selasa (27/10/2020).

Acara tahunan ini merupakan untuk menjaring dan memberi penghargaan terhadap inovasi-inovasi yang lahir dari masyarakat Batang

Krenova pada dasarnya merupakan kegiatan untuk menjaring masyarakat Batang yang memiliki kreativitas dalam bidang Ilmu pengetahuan, Teknologi dan Inovasi di berbagai bidang.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Batang Ari Yudianto mengatakan, kegiatan ini untuk mendorong masyarakat melakukan kreativitas dan inovasi dengan bentuk lomba Krenova yang diadakan setiap tahun

“Peyelenggaraan Krenova pertama masyarakat Kabupaten Batang harus mendaftarkan diri sebagai calon peserta dan jika nanti lolos pada tahap penilaian administrasi serta tahap proses verifikasi diberikan kesempatan untuk mempresentasikan karyanya kepada tim penilai,” jelasnya.

Peserta yang telah lolos seleksi berjumlah tujuh orang ini akan menampilkan temuannya di hadapan tim penilai dengan membawa alat yang diikut sertakan pada lomba kali ini.

“Dalam presentasinya, peserta yang terpilih dapat menjelaskan konsep dari alat temuannya secara detail sampai ke proses demonstrasi alat yang mereka ciptakan untuk memberi gambaran bagaimana cara kerja dari temuan mereka ini,” ujarnya.

Beberapa inovasi yang berkesempatan tampil dalam lomba ini adalah pompa air otomatis pengendali banjir, X-Zone 3 in 1 untuk sterilisasi produk hasil pertanian dan alat cuci tangan otomatis portabel.

Yusthotifah dan Kiswanto merupakan salah satu peserta yang ikut serta dengan inovasi berupa alat pengolah limbah cair batik menjadi air bersih dengan sistem elektrolisis dan sand filter.

“Tujuan kami menciptakan alat ini yaitu untuk mengurangi zat-zat berbahaya berupa logam berat yang mencemari lingkungan industri batik di Kabupaten Batang,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)