Home / Berita / IKM UKM UMKM / KREATIVITAS WBP RUTAN BATANG MEMPERSIAPKAN KEMANDIRIAN DI MASYARAKAT

Berita

Kreativitas WBP Rutan Batang Mempersiapkan Kemandirian di Masyarakat

Batang - Produk-produk hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Batang makin diminati masyarakat, karena beragamnya jenis dan daya tahan yang lebih lama.

Batang - Produk-produk hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Batang makin diminati masyarakat, karena beragamnya jenis dan daya tahan yang lebih lama.

Beberapa produk yang dihasilkan di antaranya songkok rajut, keset, pupuk dan vas rajut untuk tanaman anggrek yang setiap pekan dipromosikan kepada masyarakat.

“Produk-produk hasil karya dari para WBP ini merupakan wujud pembinaan kemandirian yang selama ini sudah diterapkan di Rutan Batang,” kata Direktur Teknologi Informasi dan Kerja Sama, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Dodot Adikoeswanto  didampingi Kepala Rutan Batang, Rindra Wardhana usai meninjau produk WBP di Car Free Day, Alun-alun Kabupaten Batang, Minggu (11/10/2020).

Ia mengharapkan, pembinaan tersebut dapat berlanjut untuk membekali WBP ketika tiba waktunya kembali ke tengah masyarakat, menjalani kehidupan sosial.

Melalui keterampilan yang didapat di dalam Rutan dan dipraktikkan dengan menjual langsung kepada masyarakat di sarana publik, pasti secara mental akan lebih siap bersosialisasi kembali dan berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya.

“Tetap bersemangat dan makin maju Rutan untuk memberikan manfaat bagi WBP serta masyarakat Kabupaten Batang,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Rutan Batang, Rindra Wardhana mengatakan, pembinaan kepada WBP diberikan secara berkelanjutan, dengan beragam pelatihan yang manfaatnya dapat dipetik langsung dari para pakar yang berkompetensi di bidangnya.

“Kemampuan mereka tidak hanya membuat vas anggrek saja, tetapi kini para pakar itu telah membekalinya dengan ilmu-ilmu baru. Saat ini WBP Rutan Batang pilihan sudah memiliki keahlian sebagai pangkas rambut dan telah mempraktikkan kemampuannya di RB Salon,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)