Home / Berita / Pertanian Perikanan Perkebunan Peternakan / TNI AJAK MASYARAKAT TANAM CABAI DI POLYBAG

Berita

TNI Ajak Masyarakat Tanam Cabai di Polybag

Tingginya harga cabai sering membuat masyarakat harus mengeluarkan uang banyak agar dapat memenuhi kebutuhan bumbu dapurnya. Menyikapi hal tersebut Dandim 0736/Batang Letkol Inf Fajar Ali Nugraha memberikan instruksi kepada jajarannya untuk memanfaatkan lahan yang ada di sekitarnya untuk menanam cabai dalam pot ataupun polybag.

Menindaklanjuti instruksi dari Dandim 0736/Batang, Danramil 04/Bawang Kapten Inf Sumargiyono mengatakan sesegera mungkin melaksanakan penanaman cabai di tempatnya bertugas. Penanaman cabai tersebut dengan tujuan yang pertama untuk memberi contoh kepada masyarakat sekitar untuk dapat mengantisipasi kemungkinan mahalnya harga cabai seperti bulan2 sebelumnya, dan yang kedua untuk dimanfaatkan/dikonsumsi oleh personel yang sedang melaksanakan jaga ataupun piket, di Koramil 04/Bawang, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Sabtu (2/9).

“Melihat harga cabai yang kadang – kadang sampai melangit akhirnya kita harus pandai – pandai memanfaatkan lahan yang ada di sekitar,” ucapnya.

Sementara itu, Didik seorang petani cabai dari Desa Bawang menjelaskan pada awalnya bertanam cabai dalam Polybag dilakukan sebagai upaya mengatasi keterbatasan lahan yang tersedia. Namun kini bercocok tanam cabai dalam polybag memiliki nilai artistik tersendiri, sehingga selain bisa menikmati buah, keindahan pohon dan warna – warna buahnya juga bisa dinikmati.

“Masyarakat jadi lebih tertarik untuk menanam cabai di polybag dengan memanfaatkan pekarangan sekitar rumah,” tuturnya.

Didik menambahkan menanam cabai baik di lahan maupun dalam polybag supaya dapat tumbuh dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal ada 3 pilar utama yang harus diperhatikan, yaitu media tanam, bibit/benih dan perawatan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang benar. (Heri/McBatang)