Home / Berita / Pembangunan / AKIBAT BENDUNG GLASING, PETANI TERANCAM GAGAL PANEN

Berita

Akibat Bendung Glasing, Petani Terancam Gagal Panen

Batang - Bupati Batang Wihaji cek lokasi Bendung Glasing yang jebol di Desa Siberuk Kecamatan Tulis, Kamis (30/1/2020).

Batang - Bupati Batang Wihaji cek lokasi Bendung Glasing yang jebol di Desa Siberuk Kecamatan Tulis, Kamis (30/1/2020).

Jebolnya bendung tersebut dikarena hujan deras yang melanda dua hari penuh pada hari Sabtu kemarin. Akibatnya 146 hektar  sawah tidak terdampak.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, mendapatkan laporan dari warga terkait, bendung ambles yang berakibat sawah di tiga desa sebanyak ratusan hektar tidak teraliri irigasi.

Setelah melihat langsung ada kurasakan yang cukup parah yang secara teori air tidak mungkin mengalir.

"Oleh karena itu, secepatnya Dinas PUPR segera lakukan perbaikan bendung tersebut agar sawah segera mendapatkan air kembali," jelasnya.

Ia berharap kepada masyarakat warga  dan petani terdampak untuk ikut membantu kerja bhakti, hal ini agar kemanfaatan bendung bisa berfungsi seperti semula.

Sementara, Kepala Bidang Pengairan Dinas  Pekerjaan Umum Kabupaten Batang Farida Ariyani mengatakan, Bendung Glasing Desa Siberuk yang amblas berfungsi mengairi area sawah Desa Kaliboyo, Desa Simbangdesa, Desa Kaliboyo.

"Bendung Glasing memang satu jaringan tapi ada saluran untuk tiga lokasi yakni saluran irogasi sekundernya cempoko dan Susukan untuk irigasi Primer Glasing," tuturnya

Amblasnya bendung tersebut selain dikarena debit air tinggi dan derasnya air sungai.

"Banjirnya memang deras, tapi juga ada juga faktor lain rusaknya sungai diduga akibat ekploitasi pertambangan galian C di dekat bendung yang jaraknya 20 meter," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Asrori  Ketua Gapoktan Kaliboyo mengatakan, lokasi yang tidak teraliri air adalah Desa Kaliboyo, Simbang Desa dan Dukuh Ambarawa  kurang lebih 115 hektar

"Tanaman padai sudah sekiatr 40 hari, kalau tidak ada hujan otomatis tanaman padi akan mati, karena tidak teraliri air irigasi. Kalau satu bulan saja tidak ada air akan terjadi puso," pungkasnya. (Humas Batang, Jateng/Edo)